Rabu, 26 November 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Ekonomi

Penjurian IQSA Award 2025; Strategi K3 PT Reka Mulia Konstruksi Ciptakan Lingkungan Kerja yang Aman

24 November 2025
in Ekonomi
Penjurian IQSA Award 2025; Strategi K3 PT Reka Mulia Konstruksi Ciptakan Lingkungan Kerja yang Aman
0
SHARES
0
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Businessasia.co.id- PT Reka Mulia Konstruksi (Rekon) terus menunjukkan komitmennya dalam membangun lingkungan kerja yang aman, sehat, dan berkelanjutan. Dengan visi menjadi perusahaan jasa konstruksi yang mampu bersaing di pasar nasional maupun internasional, Rekon menempatkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) sebagai pilar utama dalam proses operasionalnya.

Rekon merupakan perusahaan “One Stop Building Construction” yang berdiri sejak tahun 2012 dan bergerak di bidang arsitektur, konstruksi sipil, elektrikal, dan mekanikal. Berawal sebagai divisi teknik dalam Relife Property, Rekon kini telah berkembang menjadi entitas baru sebagai perusahaan konstruksi di bawah naungan Astana Group.

Direktur Utama  Rekon, Selly sylfiana didampingi Business Analyst Rekon, Tiara Pratiwi menyampaikan bahwa Astana Group yang menaungi Rekon telah miliki strategi keberlanjutan yang meliputi aspek people dan profit. Dari strategi keberlanjutan Astana Group, Rekon memiliki turunan kebijakan yang didalamnya berupa kebijakan K3 melalui keputusan direksi.

“Kebijakan K3 tersebut diturunkan lagi menjadi kebijakan pembentukan Tim Tanggap Darurat yang merupakan salah satu bentuk implementasi dari standar keselamatan berdasarkan ISO 45001:2018,” terang Direktur utama  Rekon, Selly sylfiana  dalam penjurian Indonesia QHSE for Business Sustainability Awards (IQSA) 2025 secara daring pada Senin (24/11/2025).

Pembentukan Tim Tanggap Darurat ini bertujuan mempercepat aksi penanggulangan suatu kondisi atau kejadian yang terjadi secara mendadak dan bahaya yang ditimbulkan dapat mengancam keselamatan jiwa, aset perusahaan, dan lingkungan.

Lebih lanjut Tiara menjelaskan bahwa kebijakan penerapan K3 di Rekon bertujuan mencegah terjadinya kecelakan kerja dan penyakit akibat kerja. Serta mencegah terjadinya kejadian berbahaya seperti kebakaran, ledakan, pencemaran, kerusakan lingkungan, dan bangunan runtuh. Untuk mencapai tujuan tersebut rekon memiliki tiga misi K3 yaitu life safety, property safety, dan environmental safety. Life safety merupakan upaya untuk melindungi jiwa manusia dari bahaya, terutama kebakaran dan keadaan darurat termasuk di dalamnya proses evakuasi.

Property safety merupakan perlindungan aset perusahaan agar aman dari kerusakan dan bahaya yang mendukung keselamatan kerja. Implementasinya berupa inspeksi APAR dan hydrant; maintenance mesin/alat kerja, dan kendaraan secara rutin; serta  penempatan material yang aman dan sesuai standar.

Environmental safety merupakan upaya melindungi lingkungan dari pencemaran, kerusakan dan bahaya yang ditimbulkan oleh aktivitas perusahaan. Implementasinya antara lain program tumbler day untuk mengurangi limbah cair/sabun, pemisahan sampah sesuai kategori, serta pengelolaan material yang efisien untuk mengurangi limbah, efisiensi biaya, dan menjaga keselamatan area kerja.

Beberapa program terkait K3 di lingkungan Rekon diantaranya sosialisasi dan pelatihan K3, toolbox meeting, tinjauan Manajemen, zero accident, safety inspection dan lain-lain. Rekon juga aktif melakukan kampanye edukasi melalui medsos dan artikel di website untuk mengembangkan edukasi K3. “Untuk kampanye offline, Rekon melakukan pemasangan spanduk dan safety sign di lingkungan proyek,” terang Selly.

Implementasi K3 di Rekon antara lain setiap karyawan yang bekerja di proyek dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD). Dari sisi kesehatan, ada penyuluhan Breast Cancer Awareness kepada karyawan perempuan Astana Group. “Rekon juga mendorong kebiasaan hidup sehat, mempererat hubungan antar karyawan, dan menyegarkan pikiran di tengah kesibukan kerja,” imbuhnya.

Pelatihan K3 bagi karyawan rutin dilakukan yaitu sebanyak 17 pelatihan pada 2024 dan 6 pelatihan pada 2025. Saat ini, Rekon memiliki 5 karyawan yang tersertifikasi Ahli K3 Umum. Untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja, Rekon rutin melaksanakan toolbox meeting, sebelum memulai pekerjaan di proyek. Selain itu dilakukan Forum Leader di setiap Proyek yang sedang berjalan.

Saat ini Rekon telah memiliki timeline untuk digitalisasi K3 yang akan diawali pada Februari 2026 mulai dari meningkatkan transparansi, preventif monitoring, respon insiden secara cepat, keputusan berbasis data, hingga meningkatkan budaya K3. “Dari timeline tersebut ada beberapa hal yang telah dilaksanakan agar menjadi pondasi Rekon ketika melaksanakan digitalisasi K3 pada 2026,” ujar Tiara, Business Analyst Rekon.

Untuk transfomasi digital, Rekon memiliki Fitur SSO (Single Sign-On) yang dapat diakses Rekonizen (sebutan untuk karyawan yang bekerja di Rekon) terkait kebijakan perusahaan dan SOP (standar operasional prosedur) yang berlaku di Rekon. Dalam SSO ada fitur Astana Pintar yaitu fitur e-lerning yang dapat diakses Rekonizen terkait sosialisasi dan training.

Selain itu ada aplikasi Manajemen Proyek (ManPro) yang digunakan pengawasan untuk dan controlling proyek secara online. Saat ini Rekon sudah tersertifikasi ISO 45001:2018 pada tahun 2023. Rekon juga sudah memiliki 5 orang yang telah tersertifikasi Ahli K3 Umum. Selain itu sudah ada sertifikasi dasar internal K3 yang dimiliki 15 karyawan Rekon.

Tags: Astana GroupBusiness Analyst RekonDirektur Utama  RekonPT Reka Mulia KonstruksiRekonSelly sylfianaTiara Pratiwi
Previous Post

Oriental Sheet Piling Lakukan Groundbreaking Pabrik Heavy Gauge Cold-Forming di Tangerang

Next Post

Bank Mega Syariah Catatkan Kinerja Pembiayaan positif di Tengah Perlambatan Kredit Industri

Next Post
Dana Murah Naik, Ini Strategi Bank Mega Syariah Jaga Loyalitas Nasabah

Bank Mega Syariah Catatkan Kinerja Pembiayaan positif di Tengah Perlambatan Kredit Industri

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

Pembiayaan Haji Khusus Bank Muamalat Meningkat Pesat

Pembiayaan Haji Khusus Bank Muamalat Meningkat Pesat

26 November 2025

Semen Merah Putih Buktikan Inovasi MPTree 16 Kali Lebih Efektif dari Pohon dalam Misi Dekarbonisasi Indonesia

Semen Merah Putih Buktikan Inovasi MPTree 16 Kali Lebih Efektif dari Pohon dalam Misi Dekarbonisasi Indonesia

26 November 2025

PT Diamond Citra Propertindo Tbk Klarifikasi Isu Viral Terkait Lokasi Kantor

PT Diamond Citra Propertindo Tbk Klarifikasi Isu Viral Terkait Lokasi Kantor

26 November 2025

MINE Gelar RUPS Perdana Pasca IPO, Fokus pada Ekspansi dan Penguatan Kapasitas Operasional

MINE Bukukan Pertumbuhan Pendapatan dan Penguatan Aset di Kuartal III 2025

26 November 2025

Grab Ajak Komunitas Foodies Eksplorasi Kuliner via Program Eatfluencer di Grab Discover

Grab Ajak Komunitas Foodies Eksplorasi Kuliner via Program Eatfluencer di Grab Discover

26 November 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt. 6 Unit 3. Jl. TB. Simatupang Kav. IS No. 01, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Telp: 021-22702245
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine