Minggu, 17 Agustus 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Business

Permata Bank: Paparkan Kinerja Perusahaan yang Solid di Tahun 2024

8 Maret 2025
in Business
Permata Bank: Paparkan Kinerja Perusahaan yang Solid di Tahun 2024
0
SHARES
30
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Jakarta, Business Asia – PT Bank Permata Tbk (“Permata Bank” atau “BNLI”), kembali menyelenggarakan Public Expose atau Paparan Publik pada Jumat, 7 Maret 2025, di Jakarta.

Sepanjang tahun 2024, Permata Bank mencatat pertumbuhan yang solid dengan perolehan laba bersih sebesar Rp3,6 triliun. Hasil kinerja keuangan dan bisnis di sepanjang tahun 2024 ini disampaikan langsung oleh Meliza M. Rusli, Direktur Utama Permata Bank dan Rudy Basyir Ahmad, Direktur Keuangan dan Unit Usaha Syariah Permata Bank. 

Meliza M. Rusli, Direktur Utama Permata Bank menyampaikan, “Pencapaian positif ini tidak lepas dari strategi kami dalam penguatan fundamental bisnis, inovasi digital, serta peningkatan efisiensi operasional. Sebagai bank lokal dengan visi regional dan jaringan global, kami ingin terus memperkuat peran bank dalam mendukung pertumbuhan ekonomi serta nilai tambah bagi nasabah dan pemangku kepentingan. Melalui semangat “Growing Together“, Permata Bank dengan sinergi yang kuat bersama Bangkok Bank berkomitmen untuk memberdayakan nasabah, memperkuat kemitraan, dan menciptakan dampak positif di pasar domestik maupun internasional.”

Kinerja Permata Bank Sepanjang Tahun 2024

Permata Bank membukukan Pendapatan Operasional sebelum Provisi (PPOP) yang tumbuh sebesar 4% dengan kualitas kredit yang semakin membaik. Bank secara fokus terus mengedepankan prinsip kehati-hatian dalam mengelola risiko kredit yang terefleksi dengan kualitas kredit yang tumbuh semakin baik. 

Pencapaian ini juga ditopang oleh pengelolaan strategi bisnis yang berkelanjutan dan ditunjang dengan penerapan digitalisasi di operasional bank sehingga Bank dapat memberikan layanan terdepan bagi nasabah.  

Optimalisasi neraca dan efisiensi bisnis tercermin dari Rasio Loan to Deposit (LDR) yang meningkat ke 83% dibandingkan tahun 2023 sebesar 75%. Total aset tumbuh 0,6% menjadi Rp259 triliun, dengan total simpanan nasabah mencapai Rp185 triliun dan rasio CASA di 55%.

Efisiensi operasional terus ditingkatkan, dengan Rasio Cost to Income (CIR) turun menjadi 50% dari 52% pada tahun 2023, didorong oleh pengelolaan biaya yang disiplin serta adopsi digitalisasi yang lebih agile.

Permata Bank menerapkan prinsip perbankan prudent, dengan penyaluran kredit tumbuh 9% YoY menjadi Rp155 triliun. Segmen korporasi tumbuh naik 12% YoY menjadi Rp89 triliun, sementara segmen komersial dan konsumer masing-masing tumbuh sebesar 6% dan 4% YoY.

Kualitas aset tercatat semakin baik, tercermin pada rasio Gross NPL dan Loan at Risk (LAR), yang turun pada level 2,1% dan 7,9%, dibandingkan 2,9% dan 8,7% pada periode sebelumnya. Lebih lanjut, Permata Bank terus menjaga kebutuhan cadangan atas potensi penurunan risiko kredit secara konservatif, tercermin dari rasio NPL coverage di 375% dan LAR coverage di 97%.

Permata Bank memiliki salah satu rasio permodalan terkuat di antara bank komersial terbesar di Indonesia, dengan CAR 35% dan CET-1 26% pada akhir 2024, memberikan fondasi kokoh untuk strategi prioritas Bank ke depan.

Proyeksi Ekonomi Indonesia Tahun 2025 dari Permata Institute of Economic Research (PIER

Permata Bank, melalui Permata Institute for Economic Research (PIER), memproyeksikan bahwa perekonomian Indonesia pada tahun 2025 akan tetap solid dengan pertumbuhan sedikit di atas 5%, meskipun dihadapkan pada ketidakpastian global dan dinamika kebijakan moneter.

Bank Indonesia diperkirakan akan mempertahankan suku bunga acuan pada level 5,75% hingga akhir tahun guna menjaga stabilitas, sementara inflasi diproyeksikan tetap terkendali dalam rentang 2,0 – 2,5%. Stabilitas nilai tukar Rupiah, efektivitas kebijakan pemerintah, serta peningkatan investasi domestik akan menjadi faktor kunci dalam menopang pertumbuhan ekonomi.

Konsumsi domestik dan ekspansi investasi diprediksi menjadi motor utama pertumbuhan, didukung oleh kebijakan pemerintah yang berorientasi pada akselerasi pertumbuhan ekonomi. Selain itu, pemerintah diharapkan mampu menjaga daya saing ekspor untuk mengimbangi tekanan akibat melemahnya permintaan global di tengah naiknya risiko perang dagang.

Transformasi Digital untuk Layanan Lebih Baik

Permata Bank terus berinovasi dengan menerapkan teknologi guna meningkatkan kualitas layanan bagi nasabah. Penerapan teknologi digital ini mendukung beberapa akses layanan perbankan, termasuk optimalisasi proses operasional, peningkatan keamanan transaksi dan kemudahan akses layanan solusi finansial melalui aplikasi Permata ME. Aplikasi mobile banking ini menawarkan kemudahan dalam pengelolaan keuangan nasabah secara lebih efisien, sesuai kebutuhan nasabah.

Komitmen Keberlanjutan Permata Bank melalui Banking on Nature 

Sebagai bagian dari tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL), Permata Bank melalui inisiatif #PermataHati, meresmikan kerja sama dengan WWF-Indonesia dalam program #SayangiBumi #DenganHati untuk Bukit Tigapuluh, Jambi. Program ini berfokus pada pelestarian habitat gajah Sumatra, reforestasi dan peningkatan ekonomi masyarakat sekitar. 

Permata Bank juga memperkenalkan program Adopt-A-Tree, mengajak nasabah, mitra dan masyarakat luas berkontribusi dalam upaya reforestasi dengan membeli pohon untuk membantu memulihkan hutan dan menyediakan habitat yang lebih baik bagi gajah Sumatra. 

 

Post Views: 7,428
Tags: Permata Bank
Previous Post

AXA Mandiri Optimis Lanjutkan Kinerja Positif di Tahun 2025

Next Post

Kolaborasi MR.D.I.Y. Indonesia dan Kami: Fasilitasi Program “Perempuan Kreatif Finansial”

Next Post
Kolaborasi MR.D.I.Y. Indonesia dan Kami: Fasilitasi Program “Perempuan Kreatif Finansial”

Kolaborasi MR.D.I.Y. Indonesia dan Kami: Fasilitasi Program “Perempuan Kreatif Finansial”

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

Aset DPLK Syariah Muamalat Capai Rp1,8 Triliun

Aset DPLK Syariah Muamalat Capai Rp1,8 Triliun

15 Agustus 2025

Semen Merah Putih Dukung Pendidikan Yang Merdeka, Untuk Negeri Yang Lebih Berdaya

Semen Merah Putih Dukung Pendidikan Yang Merdeka, Untuk Negeri Yang Lebih Berdaya

15 Agustus 2025

NUS Business School: 60 Tahun Membentuk Pemimpin Bisnis Kelas Dunia

NUS Business School: 60 Tahun Membentuk Pemimpin Bisnis Kelas Dunia

15 Agustus 2025

ecoCare Gandeng KALISTA Dorong Transformasi Logistik

ecoCare Gandeng KALISTA Dorong Transformasi Logistik

15 Agustus 2025

Kepercayaan Konsumen Mengantar Air Minum Biru Meraih Top Brand Award 2025

Kepercayaan Konsumen Mengantar Air Minum Biru Meraih Top Brand Award 2025

15 Agustus 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt .6 Unit 3 Jl. TB Simatupang Kav. IS No. 01 Kel. Pondok Pinang, Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310.

Telp: 021-22702245
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine