Senin, 18 Agustus 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Business

Pinhome: Resiliensi Pasar Properti Indonesia Didorong Pembeli Rumah Pertama dan Millennial di Q1 2024

11 Juni 2024
in Business
Pinhome: Resiliensi Pasar Properti Indonesia Didorong Pembeli Rumah Pertama dan Millennial di Q1 2024
0
SHARES
11
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Setelah merilis Pinhome Indonesia Residential Market Report 2023 & Outlook 2024 di awal tahun, Pinhome, platform properti terlengkap di Indonesia, kembali menyajikan laporan pasar terbarunya untuk kuartal pertama tahun 2024 dibandingkan tahun sebelumnya.

Laporan ini mengungkapkan pasar properti Indonesia terus menunjukkan resiliensi dan dinamika yang menarik, dengan berbagai faktor yang saling memengaruhi. Tren ini sejalan dengan laporan Pinhome sebelumnya yang menunjukkan resiliensi pasar sepanjang tahun 2023 dan prediksi optimis untuk tahun 2024.

Dayu Dara Permata, CEO dan Co-founder Pinhome menjelaskan, pasar properti Indonesia menunjukkan ketahanan luar biasa di kuartal pertama 2024, didorong oleh kuatnya permintaan pembeli rumah pertama dan milenial, terutama pada segmen rumah terjangkau.

“Laporan terbaru kami menunjukkan 55% transaksi properti dilakukan oleh generasi milenial. Hal ini menegaskan peran penting generasi muda dalam menggerakkan pasar properti, terutama di tengah dinamika seperti pergeseran minat ke wilayah berkembang dan peningkatan permintaan sewa rumah di tengah kenaikan suku bunga,” jelasnya.

Temuan Pinhome mengungkapkan bagaimana milenial mendominasi pasar properti, di mana milenial memilih rumah dengan harga menengah ke bawah (200-600 juta rupiah) yang menjadi pilihan utama, dengan tipe 36 sebagai yang paling diminati. Bogor, Tangerang, dan Bekasi pun menjadi lokasi favorit bagi milenial untuk membeli rumah.

Pemilu 2024 dan insentif Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) menjadi dua faktor utama yang membentuk lanskap pasar properti pada kuartal pertama. Pemilu memicu sikap hati-hati di kalangan pembeli properti mewah, sementara minat terhadap rumah terjangkau tetap tinggi. Hal ini mencerminkan kebutuhan masyarakat akan hunian yang sesuai dengan kemampuan finansial mereka di tengah ketidakpastian politik dan ekonomi.

Laporan Pinhome juga menyoroti beberapa temuan kunci lainnya:
● Permintaan rumah mewah selama periode Pemilu melambat: Pertumbuhan minat terhadap rumah mewah melambat dibandingkan dengan segmen rumah terjangkau, mengindikasikan sikap ‘wait and see’ dari pembeli rumah mewah.
● Minat terhadap wilayah penyangga IKN melonjak: Samarinda dan Balikpapan mengalami peningkatan minat yang signifikan, masing-masing lebih dari 20 kali lipat dan 4 kali lipat, menunjukkan potensi pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut seiring dengan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).
● Insentif bebas PPN mendorong pembelian: Meskipun mendorong percepatan keputusan beli rumah hingga 25%, tenggat waktu kebijakan ini juga menjadi pertimbangan penting bagi pembeli.
● Kenaikan suku bunga berdampak pada pasar sewa: Meningkatnya suku bunga pinjaman bank mendorong permintaan sewa rumah, terutama di kalangan milenial yang mencari alternatif hunian yang lebih terjangkau.
Pinhome memproyeksikan tren kenaikan suku bunga akan berlanjut, yang dapat menyebabkan penurunan permintaan KPR, namun permintaan KPR takeover dan sewa rumah diprediksi akan naik.

“Pinhome akan terus berinovasi untuk menyediakan solusi yang relevan dengan kebutuhan pasar yang terus berubah, termasuk bagi generasi milenial yang menjadi kekuatan utama dalam pasar properti saat ini. Laporan Pinhome ini memberikan gambaran komprehensif tentang dinamika pasar properti Indonesia, menjadi acuan bagi para pemangku kepentingan di industri properti untuk memahami tren dan prospek pasar di masa depan,” tambah Dara.

Didirikan pada tahun 2020, Pinhome hadir sebagai solusi bagi masyarakat yang ingin memiliki rumah dengan visi memudahkan akses kepemilikan rumah, khususnya rumah pertama bagi seluruh lapisan masyarakat.

Data internal menunjukkan 4 dari 5 pengguna Pinhome adalah calon pembeli rumah pertama. Pinhome menyediakan layanan pencarian rumah dengan 80% pilihan rumah terjangkau di bawah Rp3 Miliar, kerja sama dengan berbagai bank untuk menyediakan pembiayaan, serta layanan perawatan properti.

Pinhome juga mempercepat proses pembelian rumah hingga 2x lipat dan telah melayani lebih dari 6 juta pengguna dalam mewujudkan impian mereka untuk memiliki rumah.

Pinhome Indonesia Residential Market dapat diunduh di https://www.pinhome.id/research/market-report/indonesia-residential-market-report-2024-Q1

Post Views: 303
Tags: Pinhome
Previous Post

Claude Hadirkan Sentuhan Modern dan Stylish Eksklusif Hanya di Shopee

Next Post

Bank Jasa Jakarta Beri Beasiswa dan Pembekalan Solopreneur Mahasiswa ASTRAtech

Next Post
Bank Jasa Jakarta Beri Beasiswa dan Pembekalan Solopreneur Mahasiswa ASTRAtech

Bank Jasa Jakarta Beri Beasiswa dan Pembekalan Solopreneur Mahasiswa ASTRAtech

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

The Balvenie Persembahkan The Makers Project di Bali Bersama Studio Lianggono

The Balvenie Persembahkan The Makers Project di Bali Bersama Studio Lianggono

17 Agustus 2025

IFG dan Anggota Holding Hadir Bersama Masyarakat Rayakan HUT RI ke-80

IFG dan Anggota Holding Hadir Bersama Masyarakat Rayakan HUT RI ke-80

17 Agustus 2025

Valencia Nathania Ready to Take Harlette Beauty Global, Expanding to the U.S. and Europe

Valencia Nathania Ready to Take Harlette Beauty Global, Expanding to the U.S. and Europe

17 Agustus 2025

Living Lab Ventures (LLV) Luncurkan InnoLab, Wujudkan BSD City Pusat Inovasi Indonesia,

Living Lab Ventures (LLV) Luncurkan InnoLab, Wujudkan BSD City Pusat Inovasi Indonesia,

17 Agustus 2025

TUMI Perkenalkan Wei Daxun Duta Merek Baru untuk Asia Pacific

TUMI Perkenalkan Wei Daxun Duta Merek Baru untuk Asia Pacific

17 Agustus 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt .6 Unit 3 Jl. TB Simatupang Kav. IS No. 01 Kel. Pondok Pinang, Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310.

Telp: 021-22702245
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine