Sabtu, 2 Agustus 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Business

Prodia Catatkan Kinerja Solid Semester I 2025, Pendapatan “U by Prodia” Tumbuh Hampir 400%

1 Agustus 2025
in Business
Prodia Catatkan Kinerja Solid Semester I 2025, Pendapatan “U by Prodia” Tumbuh Hampir 400%
0
SHARES
7
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Jakarta, Business Asia — PT Prodia Widyahusada Tbk (kode saham: PRDA), penyedia layanan laboratorium klinik terkemuka di Indonesia, mengumumkan kinerja keuangan untuk Semester I tahun 2025.

Di tengah tantangan makro ekonomi seperti tekanan daya beli, depresiasi rupiah, dan penyesuaian belanja kesehatan masyarakat pasca-pemilu, Prodia tetap mencatatkan kinerja yang relatif solid.

Pendapatan Semester I 2025 tercatat sebesar Rp 1.03 Triliun, mengalami koreksi sebesar 0,5% dibandingkan periode yang sama tahun lalu—namun tetap menunjukkan ketahanan permintaan layanan diagnostik di tengah kondisi pasar yang menantang.

Platform digital unggulan Prodia, U by Prodia, menunjukkan kinerja yang luar biasa. Pendapatannya tumbuh hampir 400% dibanding tahun lalu. Kerugian juga berhasil ditekan secara signifikan menandakan arah bisnis yang semakin positif dan efisien.

Pengembangan digital melalui fitur-fitur layanan seperti SubAccount, dimana pengguna dapat menambahkan anggota keluarga ke dalam satu akun, mempermudah akses layanan kesehatan bagi seluruh anggota keluarga—termasuk anak-anak hingga lansia yang mungkin kurang akrab dengan teknologi.

Selain itu, U by Prodia juga terus menghadirkan berbagai layanan inovatif lainnya, seperti: pemantauan hasil tes secara real-time langsung dari aplikasi, pemesanan layanan home service yang praktis tanpa harus ke cabang, riwayat kesehatan digital yang tersimpan aman untuk kemudahan pelacakan, integrasi dengan wellness program yang dipersonalisasi sesuai kebutuhan pengguna, dan notifikasi pengingat pemeriksaan berkala sebagai bagian dari komitmen promotif preventif Prodia.

Melalui pengembangan fitur-fitur ini, U by Prodia memperkuat posisinya sebagai platform digital kesehatan yang inklusif, nyaman, dan siap mendukung gaya hidup sehat masyarakat modern.

Direktur Utama Prodia, Dewi Muliaty, menyampaikan bahwa pencapaian ini menjadi semangat untuk mendorong kinerja lebih baik di paruh kedua tahun ini. “Di tengah dinamika industri yang terus berubah, kami tidak hanya berupaya bertahan, tetapi juga membangun masa depan layanan kesehatan yang lebih terintegrasi, digital, dan berpusat pada pasien. Kami percaya bahwa investasi kami hari ini—baik melalui teknologi, kolaborasi strategis, maupun inovasi layanan—akan menjadi fondasi pertumbuhan jangka panjang Prodia,,” ujar Dewi.

Prodia berkomitmen untuk memperluas akses layanan berbasis teknologi dan memperkuat integrasi ekosistem kesehatan, termasuk pengembangan lini integrative medicine. Adapun, 2 langkah strategis Prodia yang telah diambil, antara lain dengan mengakuisisi Proline di tahun 2024 dan ProSTEM di 2025. Langkah ini merupakan bagian dari strategi yang mendukung pertumbuhan bisnis jangka panjang.

Kedepannya, Prodia menargetkan peningkatan pemanfaatan klinik berbasis jenis penyakit (disease-type clinics), memperluas jaringan Point of Collection (POC) untuk menjangkau lebih banyak komunitas, serta mengembangkan fitur baru dalam U by Prodia yang mengintegrasikan program wellness dan monitoring kondisi kronis. Pendekatan berbasis komunitas juga diperkuat melalui aktivasi merek melalui komunikasi channel Prodia.

Prodia akan terus memfokuskan strategi pertumbuhan pada layanan diagnostik bernilai tambah tinggi seperti tes esoterik, termasuk yang berbasis teknologi mass spectrometry yang kini tengah disiapkan untuk keperluan diagnostik lanjutan.

Selain itu, kolaborasi strategis juga dijajaki dengan mitra regional untuk memperluas ekosistem rujukan laboratorium di kawasan.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Keuangan Prodia, Liana Kuswandi, menambahkan “Meskipun Semester I diwarnai tekanan eksternal, kami tetap optimis pada prospek Semester II. Kami melihat sinyal positif dari transformasi digital yang kami jalankan, terutama melalui U by Prodia yang mencatat perbaikan signifikan dari sisi finansial. Meski masih dalam fase investasi, kerugian bersih U by Prodia berhasil ditekan secara substansial dibandingkan 1H24. Fokus kami adalah pada penguatan digitalisasi, kolaborasi strategis, dan tentunya mendukung inovasi layanan yang value-based  untuk mendorong pertumbuhan yang lebih kuat dan berkelanjutan.,” ujar Liana.

Sepanjang kuartal II-2025, Prodia terus menunjukkan komitmen kuat terhadap prinsip Environmental, Social, and  Governance (ESG). Di bidang tata kelola, Prodia berhasil meraih The Best Corporate Transparency and Emission Reduction Awards 2025, sebagai pengakuan atas komitmen terhadap keterbukaan dan pengurangan emisi karbon.

Di saat yang sama, penghargaan CXtroardinary Awards yang diraih mencerminkan konsistensi dalam berinovasi dan mengoptimalkan transformasi digital serta menjaga kepuasan pelanggan sebagai bagian dari aspek utama pelayanan.

Dalam aspek sosial, Prodia memperluas dampak positif dengan menggagas kolaborasi strategis bersama KONI dan Fakultas Kedokteran UPI untuk mendukung kesehatan atlet nasional, serta meluncurkan program skrining demensia gratis bagi karyawan PT INKA.

Tak hanya itu, inovasi layanan terus diperluas dengan kerjasama yang diinisiasi, salah satunya dengan integrasi sistem digital aplikasi MyAdmedika guna mendukung pelayanan berbasis cross-data,  sehingga pelanggan AdMedika dapat melakukan pendaftaran dan pemesanan tes melalui aplikasi AdMedika.

Sebagai bagian dari komitmen jangka panjang terhadap pengembangan talenta dan sains kesehatan, Prodia juga mempererat kerja sama dengan institusi pendidikan tinggi, seperti Universitas Diponegoro, Universitas Kristen Duta Wacana, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur.

Dengan sinergi antara inovasi teknologi, investasi strategis, dan inisiatif keberlanjutan, Prodia optimistis dapat mempercepat akselerasi pertumbuhan sekaligus mewujudkan dampak positif yang lebih luas bagi kesehatan masyarakat Indonesia secara berkelanjutan

 

Post Views: 6,983
Tags: Prodia
Previous Post

Era Digital Media (AWAN) Catatkan Laba Bersih Tumbuh Dua Kali Lipat di Kuartal II 2025

Next Post

Mobil Listrik Wuling Hasil Personalisasi Konsumen Turut Meriahkan Booth Wuling GIIAS 2025

Next Post
Mobil Listrik Wuling Hasil Personalisasi Konsumen Turut Meriahkan Booth Wuling GIIAS 2025

Mobil Listrik Wuling Hasil Personalisasi Konsumen Turut Meriahkan Booth Wuling GIIAS 2025

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

INDOBEAUTY Expo 2025 Segera Hadir Di JIEXPO Kemayoran pada 7-9 Agustus 2025

INDOBEAUTY Expo 2025 Segera Hadir Di JIEXPO Kemayoran pada 7-9 Agustus 2025

2 Agustus 2025

Tuntun Sekuritas dan Makmur Resmikan Kemitraan Strategis Gerai APERD

Tuntun Sekuritas dan Makmur Resmikan Kemitraan Strategis Gerai APERD

1 Agustus 2025

TUMI Rayakan Pembukaan Gerai Baru di Grand Indonesia

TUMI Rayakan Pembukaan Gerai Baru di Grand Indonesia

1 Agustus 2025

Prodia Catatkan Kinerja Solid Semester I 2025, Pendapatan “U by Prodia” Tumbuh Hampir 400%

Prodia Catatkan Kinerja Solid Semester I 2025, Pendapatan “U by Prodia” Tumbuh Hampir 400%

1 Agustus 2025

Era Digital Media (AWAN) Catatkan Laba Bersih Tumbuh Dua Kali Lipat di Kuartal II 2025

Era Digital Media (AWAN) Catatkan Laba Bersih Tumbuh Dua Kali Lipat di Kuartal II 2025

1 Agustus 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt .6 Unit 3 Jl. TB Simatupang Kav. IS No. 01 Kel. Pondok Pinang, Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310.

Telp: 021-22702245
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine