Sabtu, 2 Agustus 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Business

Rumah Batik TBIG, Komitmen Tower Bersama Infrastructure Tingkatkan Kemandirian Ekonomi Generasi Muda

18 Oktober 2024
in Business
Rumah Batik TBIG, Komitmen Tower Bersama Infrastructure Tingkatkan Kemandirian Ekonomi Generasi Muda
0
SHARES
22
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Pekalongan, Business Asia – Rumah Batik TBIG merupakan bagian dari inisiatif CSR PT Tower Bersama Infrastructure Tbk di pilar budaya yang diberi nama Bangun Budaya Bersama, yang merupakan salah satu dari empat pilar CSR yang terdiri dari Bangun Sehat Bersama, (kesehatan), Bangun Cerdas Bersama (pendidikan), Bangun Hijau Bersama (lingkungan), dan Bangun Budaya Bersama (budaya).

Program yang sudah berjalan lebih dari satu dekade ini, dirancang menjadi program community development yang komprehensif dan berkelanjutan. Program Rumah Batik tidak hanya memberikan keterampilan dan keahlian membatik tetapi juga kewirausahaan dan pendampingan oleh koperasi binaan, yang memberikan akses permodalan dan pendistribusian barang yang dihasilkan oleh alumni dan pelaku usaha mikro batik di Pekalongan.

Koperasi pendamping ini bertindak sebagai care taker dengan memberikan kepastian pembayaran tunai kepada perajin.

Program Rumah Batik juga memasukkan aspek lingkungan dalam kurikulumnya. Siswa rumah batik diberikan pembelajaran mengenai proses produksi ramah lingkungan, dengan memasukkan kurikulum pewarna alam dan pengelolaan limbah pewarna.

Dengan demikian, program ini tidak hanya melestarikan warisan budaya yang berharga, tetapi juga mencetak generasi baru perajin yang dilengkapi dengan metode produksi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan yang ramah lingkungan.

Tema besar dari CSR TBIG adalah “Bersama untuk Indonesia”. Tema ini diwujudkan melalui pelibatan stakeholders terkait di lokasi binaan, di antaranya adalah mahasiswa yang mempelajari batik secara formal, para tenaga pengajar, tokoh masyarakat dan Lembaga Pendidikan formal tingkat dasar sampai perguruan tinggi.

Lie Si An – Chief Business Support Officer menyatakan: “TBIG melihat, bahwa batik merupakan bagian dari identitas bangsa Indonesia. Di sisi lain, industri batik juga melibatkan warga masyarakat secara luas. Melihat dimensi ekonomi social dan budaya ini, TBIG memutuskan untuk terlibat dan berkontribusi dalam upaya pelestarian dan pengembangan batik.”

“Kami percaya bahwa konsistensi dan disiplin eksekusi merupakan kunci dari keberhasilan sebuah program CSR. Untuk menjaga keberlanjutan batik, program ini menyasar generasi muda. Melalui Rumah Batik TBIG, kami ingin menghidupkan kembali minat anak muda terhadap budaya membatik, sembari memberikan mereka keterampilan yang dapat digunakan untuk menciptakan kemandirian ekonomi dan meningkatkan taraf hidup,” imbuhnya.

Kemandirian ekonomi merupakan sasaran penting yang harus terlebih dahulu dicapai agar program pelestarian produk suatu budaya dapat berhasil. Oleh karenanya, kemandirian ekonomi menjadi salah satu misi yang diemban oleh rumah batik TBIG.

Dalam merancang dan mengimplementasikan inisiatif CSR perlu adanya pemahaman yang valid terhadap konteks sosial di masyarakat yang menjadi target implementasi program. CSR TBIG mengadopsi konsep creating shared value untuk menciptakan nilai secara signifikan terhadap program yang dijalankan. Melalui konsep ini, pemetaan stakeholders dan kebutuhannya dapat dilakukan secara efektif. Sehingga, misi program dapat berjalan secara efektif.

Sejalan dengan konsep creating shared value, Rumah Batik hadir untuk membantu pelaku usaha mikro batik menghadapi tantangan dalam berusaha.

Sejak berdiri pada tahun 2014, Rumah Batik TBIG telah meluluskan ratusan siswa, dan sukses membuka usaha batik secara mandiri. Pada tahun ini, Rumah Batik TBIG kembali menggelar wisuda batch ke-5 yang meluluskan 32 siswa yang terdiri dari 20 siswa Regular A dan 12 siswa Regular B (disabilitas). Dalam kegiatan wisuda ini, masing-masing lulusan memaparkan rencana kerja yang akan ditekuni setelah lulus dari Rumah Batik TBIG.

Rumah Batik TBIG diharapkan dapat menjadi mitra daerah dan pemerintah untuk mendukung dan mengembangkan industri berbasis kultural dan memastikan bahwa bentuk seni ini tetap hidup bagi generasi mendatang.

Post Views: 7,166
Tags: Rumah Batik TBIG
Previous Post

GoPay Gandeng Rhoma Irama Ajak Masyarakat Perangi Judi Online

Next Post

Varuna Cahaya Santosa Percepat Penetrasi Internet di Indonesia Timur

Next Post
Varuna Cahaya Santosa Percepat Penetrasi Internet di Indonesia Timur

Varuna Cahaya Santosa Percepat Penetrasi Internet di Indonesia Timur

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

INDOBEAUTY Expo 2025 Segera Hadir Di JIEXPO Kemayoran pada 7-9 Agustus 2025

INDOBEAUTY Expo 2025 Segera Hadir Di JIEXPO Kemayoran pada 7-9 Agustus 2025

2 Agustus 2025

Tuntun Sekuritas dan Makmur Resmikan Kemitraan Strategis Gerai APERD

Tuntun Sekuritas dan Makmur Resmikan Kemitraan Strategis Gerai APERD

1 Agustus 2025

TUMI Rayakan Pembukaan Gerai Baru di Grand Indonesia

TUMI Rayakan Pembukaan Gerai Baru di Grand Indonesia

1 Agustus 2025

Prodia Catatkan Kinerja Solid Semester I 2025, Pendapatan “U by Prodia” Tumbuh Hampir 400%

Prodia Catatkan Kinerja Solid Semester I 2025, Pendapatan “U by Prodia” Tumbuh Hampir 400%

1 Agustus 2025

Era Digital Media (AWAN) Catatkan Laba Bersih Tumbuh Dua Kali Lipat di Kuartal II 2025

Era Digital Media (AWAN) Catatkan Laba Bersih Tumbuh Dua Kali Lipat di Kuartal II 2025

1 Agustus 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt .6 Unit 3 Jl. TB Simatupang Kav. IS No. 01 Kel. Pondok Pinang, Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310.

Telp: 021-22702245
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine