Businessasia.co.id – Salonpas, merek koyo (plester pereda nyeri) terkemuka di Indonesia, kembali mengukuhkan posisinya sebagai produk kesehatan terpercaya. Dalam survey Top Halal Index 2025 yang dilakukan oleh Indonesia Halal Training & Education Center (IHATEC) Marketing Research, Salonpas dianugerahi predikat “Top Halal Award 2025” untuk kategori Koyo dengan capaian indeks sebesar 8,491 dari 10, menempatkan Salonpas sebagai merek produk koyo halal pilihan masyarakat.
Capaian ini juga menjadi momentum penting di tengah meningkatnya kesadaran masyarakat Indonesia—pasar Muslim terbesar di dunia—terhadap pentingnya memilih produk kesehatan yang bersertifikasi halal.
President Director PT Hisamitsu Pharma Indonesia, Mr. SATO, Ryo menyatakan bahwa penghargaan ini merupakan bentuk tanggung jawab perusahaan kepada konsumen. “Di Salonpas kami memiliki filosofi ‘te-a-te’ yang secara harfiah berarti ’sentuhan tangan’. Hal ini memiliki makna bahwa rasa empati kami terhadap konsumen sejalan dengan keyakinan kami bahwa kehalalan bukan hanya sekadar label, melainkan wujud tanggung jawab dan integritas dalam melayani dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” ujar Mr. SATO, Ryo.
“Penghargaan Top Halal Award 2025 ini adalah bukti nyata dari kepercayaan konsumen Indonesia. Sebagai merek global, Salonpas bangga dapat beradaptasi dan menjunjung tinggi nilai-nilai lokal. Kami menyadari bahwa sertifikasi halal adalah jaminan ketenangan bagi masyarakat di Indonesia dalam mengonsumsi produk, termasuk pereda nyeri,” imbuhnya.
Salonpas memastikan bahwa seluruh proses, mulai dari pemilihan bahan baku hingga produksi, telah melalui audit yang ketat dan menyeluruh sesuai standar lembaga sertifikasi halal yang berlaku. Keberhasilan Salonpas meraih predikat ini memperkuat posisi mereka di pasar sekaligus menunjukkan bahwa produk kesehatan yang diproduksi dengan standar mutu internasional tetap dapat selaras dengan prinsip hidup halal.
“Kami akan terus menjaga konsistensi kualitas dan standar kehalalan ini di masa mendatang,” sambut Zulfadli, Senior Product Manager PT Hisamitsu Pharma Indonesia untuk lini Salonpas Koyo. “Pencapaian ini juga memotivasi kami untuk turut berkontribusi dalam mendukung visi pemerintah menjadikan Indonesia sebagai pusat industri halal dunia.”
Survei Top Halal Index dari IHATEC Marketing Research saat ini telah memasuki tahun keempat, namun kategori Koyo baru pertama kalinya ada pada tahun ini. Keberhasilan Salonpas meraih pengakuan di kategori baru ini menandai tingginya kesadaran publik bahwa jaminan kehalalan juga krusial pada produk kesehatan, selain produk makanan dan minuman.
“Salonpas telah menunjukkan konsistensi dalam mempertahankan standar halal, sehingga berhasil menjadi merek halal terbaik pilihan konsumen. Dari survei Top Halal Index 2025 yang melibatkan 1.800 responden melalui wawancara 1-on-1, Salonpas muncul sebagai produk pilihan di kategori Koyo. Keunggulan ini merupakan cerminan langsung pengakuan bahwa langkah Salonpas selaras dengan kebutuhan mayoritas konsumen Indonesia,” kata Evrin Lutfika, Direktur IHATEC Marketing Research.
Komitmen Salonpas terhadap mutu dan kehalalan ini juga diakui oleh Iko Uwais, aktor laga internasional yang juga merupakan Brand Ambassador Salonpas. “Sebagai konsumen sekaligus Brand Ambassador, saya bangga berkolaborasi dengan brand sekelas Salonpas yang memiliki komitmen pada kualitas dan kehalalan. Ini menunjukkan Salonpas sangat memahami kebutuhan konsumen Indonesia,” tutur Iko.
Salonpas akan terus memperkuat posisi di pasar Indonesia dengan menjaga konsistensi dan kualitas produknya melalui rangkaian solusi pereda nyeri yang mudah dibawa serta terjamin kehalalannya.