Jumat, 21 November 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Business

SeaBank Indonesia dan Women’s World Banking Dukung Peluncuran UMKM Pintar 

21 November 2025
in Business
SeaBank Indonesia dan Women’s World Banking Dukung Peluncuran UMKM Pintar 
0
SHARES
0
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Jakarta, Business Asia – Melihat pentingnya literasi keuangan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), SeaBank Indonesia dan Women’s World Banking (WWB) berkolaborasi mendukung peluncuran UMKM Pintar. Platform digital ini dirancang untuk membangun kapasitas usaha, meningkatkan literasi keuangan, serta memperkuat ketahanan finansial di era digital.

Peluncuran UMKM Pintar diresmikan oleh Deputi Bidang Usaha Kecil Kementerian UMKM, Temmy Satya Permana; Deputi Menteri Bidang Kesetaraan Gender Kementerian PPPA, Amurwani Dwi Lestariningsih; Kepala Departemen Ekonomi Inklusi Keuangan Hijau Bank Indonesia, Anastuty K.; Kepala Direktorat Inklusi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan, Roni Ukurta Barus; Wakil Direktur Utama SeaBank Indonesia, Junedy Liu; dan Direktur Regional Asia Tenggara Women’s World Banking, Angelique Timmer, Kamis (20/11/2025).

Deputi Bidang Usaha Kecil Kementerian UMKM, Temmy Satya Permana menyatakan bahwa UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Di Indonesia, jumlah UMKM pada 2025, mencapai 65,5 juta unit, dan menyumbang 61,9 persen terhadap pertumbuhan ekonomi nasional dan menyerap lebih dari 119 juta tenaga kerja.

“Namun demikian, sebagian besar UMKM masih mengalami kendala fundamental, seperti riwayat kredit (SLIK) dan agunan yang perlu kita carikan solusi bersama. Pembiayaan hanya akan berdampak jika UMKM memiliki literasi keuangan yang baik. Platform UMKM Pintar hadir untuk meningkatkan kapasitas UMKM, melalui literasi digital dan keuangan yang lebih terstruktur,” ujar Deputi Bidang Usaha Kecil Kementerian UMKM, Temmy Satya Permana.

Menanggapi sentimen yang sama, Deputi Menteri Bidang Kesetaraan Gender Kementerian PPPA, Amurwani Dwi Lestariningsih pun menyampaikan, “Perempuan, termasuk para ibu bekerja, menjadi tulang punggung dalam menjaga roda ekonomi tetap berputar. Pemerintah mendukung langkah-langkah nyata seperti UMKM PINTAR yang menjadi akses pembelajaran digital, sekaligus memberi ruang bagi perempuan untuk tumbuh, berdaya, dan berkontribusi lebih besar bagi perekonomian bangsa dengan tetap merasa aman,” ujarnya.

Junedy Liu, Wakil Direktur Utama SeaBank Indonesia melihat pesatnya pertumbuhan ekonomi digital belum diiringi dengan kesiapan yang merata.

“Salah satu tantangan yang dihadapi UMKM di era digital adalah pengelolaan keuangan dan pengembangan usaha. Misalnya tingginya informalitas dalam pengelolaan usaha, pencatatan keuangan, pemisahan uang pribadi dan usaha turut berkontribusi dalam keterbatasan akses terhadap pembiayaan. Kondisi ini mencerminkan kesenjangan dalam literasi keuangan khususnya digital dan pemanfaatan layanan keuangan formal bagi keberlanjutan dan pertumbuhan usaha,” jelas Junedy Liu, Wakil Direktur Utama SeaBank Indonesia.

Untuk menghadapi tantangan tersebut, kata Junedy, SeaBank mendukung peluncuran platform pembelajaran digital UMKM Pintar untuk memberikan akses literasi keuangan yang mudah, praktis dan relevan bagi UMKM khususnya mikro-kecil dan perempuan dalam membangun usaha yang berkelanjutan dan ketahanan finansial di era digital.

Angelique Timmer, selaku Direktur Regional Women’s World Banking Asia Tenggara, menyampaikan Women’s World Banking percaya inklusi keuangan adalah elemen penting dalam pemberdayaan ekonomi perempuan.

Ia menjelaskan bahwa riset Women’s World Banking pada 2023 terkait pelaku usaha di e-commerce, menunjukkan hanya 44 persen wirausaha perempuan di Indonesia yang berhasil mempertahankan usahanya hingga 3–5 tahun, dan jumlahnya bahkan lebih sedikit untuk mereka yang bertahan lebih lama.

“Temuan ini menegaskan bahwa akses ke modal, edukasi, pendampingan, dan kesempatan belajar memiliki peran yang sama pentingnya dalam memperkuat ketahanan usaha mereka. Melalui kolaborasi dengan SeaBank, kami ingin memastikan perempuan memiliki akses ke modal dan pengetahuan,” ujar Angelique.

Melalui UMKM Pintar, para perempuan pelaku usaha dapat mengakses modul interaktif seputar pengelolaan keuangan, strategi digitalisasi usaha, hingga pemanfaatan layanan keuangan formal. Seluruh materi disusun dengan pendekatan berbasis gender dan disesuaikan dengan konteks lokal, agar setiap perempuan dapat mengelola dan menumbuhkan usahanya secara berkelanjutan, kapanpun dan dimanapun mereka berada.

Peluncuran UMKM Pintar dihadiri ratusan pelaku UMKM perempuan, baik secara luring maupun daring, dari berbagai sektor. Para pelaku UMKM khususnya perempuan wirausaha, dapat mengakses UMKM Pintar melalui www.umkmpintar.id.

Tags: SeaBank
Previous Post

SiteMinder’s Changing Traveler Report 2026: Wisatawan Indonesia Paling Siap Manfaatkan Teknologi AI untuk Menginap di Hotel

Next Post

MR.D.I.Y. Group Raih Kemenangan Kedelapan Berturut-turut di Ajang World Branding Awards (WBA)

Next Post
MR.D.I.Y. Group Raih Kemenangan Kedelapan Berturut-turut di Ajang World Branding Awards (WBA)

MR.D.I.Y. Group Raih Kemenangan Kedelapan Berturut-turut di Ajang World Branding Awards (WBA)

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

MR.D.I.Y. Group Raih Kemenangan Kedelapan Berturut-turut di Ajang World Branding Awards (WBA)

MR.D.I.Y. Group Raih Kemenangan Kedelapan Berturut-turut di Ajang World Branding Awards (WBA)

21 November 2025

SeaBank Indonesia dan Women’s World Banking Dukung Peluncuran UMKM Pintar 

SeaBank Indonesia dan Women’s World Banking Dukung Peluncuran UMKM Pintar 

21 November 2025

SiteMinder’s Changing Traveler Report 2026: Wisatawan Indonesia Paling Siap Manfaatkan Teknologi AI untuk Menginap di Hotel

SiteMinder’s Changing Traveler Report 2026: Wisatawan Indonesia Paling Siap Manfaatkan Teknologi AI untuk Menginap di Hotel

21 November 2025

CIMB Niaga dan Anak Usaha Ever Shine Tex (ESTI) Jalin Sinergi Sustainability-Linked Loan Rp117 Miliar

CIMB Niaga dan Anak Usaha Ever Shine Tex (ESTI) Jalin Sinergi Sustainability-Linked Loan Rp117 Miliar

21 November 2025

Xiaomi Hadirkan Pengalaman Serba Mudah Lewat Layanan Purnajual Lengkap

Xiaomi Hadirkan Pengalaman Serba Mudah Lewat Layanan Purnajual Lengkap

21 November 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt. 6 Unit 3. Jl. TB. Simatupang Kav. IS No. 01, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Telp: 021-22702245
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine