Jumat, 25 Juli 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Business

Survei YouGov: Traveloka dan Tiket.com Dominasi Pemesanan Perjalanan Ramadan 2025 di Tengah Tren Mudik & Staycation

19 Maret 2025
in Business
tiket.com Bagikan 5 Tips Liburan Hemat di Momen Lebaran
0
SHARES
28
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Jakarta, Business Asia – YouGov Indonesia, bagian dari lembaga riset konsumen global, mengungkap wawasan terbaru mengenai tren perjalanan selama Ramadan dan Lebaran 2025.

Survei ini menyoroti pola mudik masyarakat Indonesia, termasuk metode perjalanan, platform pemesanan tiket, serta aktivitas yang direncanakan oleh mereka yang tidak melakukan mudik.

Sebagian Besar Masyarakat Berencana Mudik, tetapi Banyak yang Tetap di Kota
Hasil survei YouGov menunjukkan bahwa 45% masyarakat Indonesia berencana untuk mudik ke kampung halaman mereka pada Lebaran tahun ini.

Menariknya, lebih banyak pria (48%) dibandingkan wanita (42%) yang memiliki rencana mudik. Sementara itu, 37% responden tidak berencana pulang kampung, dan 18% masih ragu apakah mereka akan melakukan perjalanan mudik.

Dari segi waktu perjalanan, mayoritas pemudik lebih memilih berangkat 2-6 hari sebelum Lebaran (48%), dengan sebagian lainnya memilih perjalanan 7-13 hari sebelum (10%) atau lebih dari 14 hari sebelum (8%). Sebanyak 11% memilih untuk mudik tepat di hari Lebaran.

Edward Hutasoit, General Manager YouGov Indonesia mengatakan, “Dengan lebih dari sepertiga masyarakat Indonesia memilih untuk tidak mudik, ada peluang besar bagi industri pariwisata, perhotelan, dan ritel untuk menarik konsumen selama periode Ramadan dan Lebaran. Momen ini memberikan kesempatan bagi bisnis untuk menghadirkan pengalaman dan layanan terbaik bagi mereka yang tetap tinggal di kota.”

Pilihan Transportasi: Mobil Pribadi Masih Dominan, Pemesanan Tiket Beralih ke Online Mudik dengan kendaraan pribadi tetap menjadi metode utama perjalanan:

  • Mobil pribadi (30%) adalah pilihan paling populer untuk pulang kampung dan kembali setelah Lebaran.
  • Motor pribadi (24%) juga menjadi opsi yang cukup banyak digunakan oleh pemudik.
  • Transportasi umum seperti bus (13%), kereta api (10-11%), serta pesawat dan kapal laut digunakan oleh sebagian pemudik.

Dalam hal pemesanan tiket, platform digital semakin menjadi pilihan utama. Traveloka (45%) dan Tiket.com (3939%) menjadi dua aplikasi paling populer untuk membeli tiket perjalanan, mengungguli metode lain seperti pembelian langsung di terminal (25%) atau melalui aplikasi resmi penyedia transportasi (22%).

Apa yang Dilakukan oleh Mereka yang Tidak Mudik?

Bagi 37% masyarakat yang memilih tetap tinggal di kota selama Lebaran, rencana pengeluaran dan aktivitas mereka juga menjadi perhatian utama:

  • 60% akan menghabiskan waktu dengan mengunjungi keluarga di kota yang sama.
  • 55% lebih memilih tetap di rumah, menikmati waktu istirahat selama liburan.
  • 34% berencana mengunjungi makam sebagai bagian dari tradisi Lebaran.
  • Kegiatan rekreasi juga populer, dengan 25% berencana mengunjungi destinasi wisata domestik, serta 22% memilih berkunjung ke pusat perbelanjaan atau restoran.

“Temuan ini membuka peluang besar bagi sektor pariwisata dan perhotelan untuk menjangkau wisatawan domestik yang tidak mudik. Destinasi wisata, pusat perbelanjaan dan restoran dapat menarik lebih banyak pengunjung yang tidak mudik dengan promo Lebaran yang menarik, Hotel dan resor juga memiliki kesempatan untuk mengakomodasi pelaku staycation dengan paket liburan yang dirancang khusus bagi mereka yang memilih berlibur di kota daripada mudik. Harapannya, tren ini dapat memberikan dampak positif bagi industri pariwisata,” tutup Edward.

Studi ini dilakukan secara daring pada Desember 2024, dengan 2,012 responden dewasa (usia 18+) di seluruh Indonesia. Hasil laporan dapat diunduh di  https://business.yougov.com/content/51683-ramadan-2025-how-indonesians-plan-to-spend-and-give-this-festive-season .

 

Post Views: 6,872
Tags: YouGov
Previous Post

Survei THR YouGov: 64% Gen Z Lebih Fokus Menabung, Baby Boomers dan Gen X Prioritaskan Belanja serta Donasi THR

Next Post

BCA Digital Hadirkan Fitur Pembayaran Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) via blu by BCA Digital.

Next Post
BCA Digital Hadirkan Fitur Pembayaran Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) via blu by BCA Digital.

BCA Digital Hadirkan Fitur Pembayaran Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) via blu by BCA Digital.

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

Program EDGE Sertifikasi Bangunan Hijau IFC Telah Memberikan Dampak Selama Satu Dekade di Indonesia

Program EDGE Sertifikasi Bangunan Hijau IFC Telah Memberikan Dampak Selama Satu Dekade di Indonesia

25 Juli 2025

PINTU Sukses Gelar Pintu Tricourt Cup 2025

PINTU Sukses Gelar Pintu Tricourt Cup 2025

25 Juli 2025

Hana Bank Dukung Pemberdayaan Anak Berkebutuhan Khusus Via Kegiatan Berkebun

Hana Bank Dukung Pemberdayaan Anak Berkebutuhan Khusus Via Kegiatan Berkebun

25 Juli 2025

Bank Saqu Ajak Pengunjung “Terbang” Gapai Impian Finansial

Bank Saqu Ajak Pengunjung “Terbang” Gapai Impian Finansial

25 Juli 2025

UOB Luncurkan Business Circle di Indonesia Dukung Pemimpin Bisnis Generasi Penerus

UOB Luncurkan Business Circle di Indonesia Dukung Pemimpin Bisnis Generasi Penerus

25 Juli 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt .6 Unit 3 Jl. TB Simatupang Kav. IS No. 01 Kel. Pondok Pinang, Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310.

Telp: 021-22702245
Handphone: 0816.900315
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine