Rabu, 19 November 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Business

Survei YouGov: Tren Belanja THR 2025 – Fashion Masih Mendominasi, Pembelian Online Meningkat

18 Maret 2025
in Business
Shopee 3.3 Grand Fashion Sale Bagikan Tips ‘Get Ready With Me’, Tampil Stylish ala Shasa Zhania
0
SHARES
0
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Jakarta, Business Asia – YouGov Indonesia, bagian dari lembaga riset konsumen global, kembali mengungkap tren belanja masyarakat Indonesia selama periode Ramadan dan Lebaran 2025.

Berdasarkan survei tahunan mengenai ekspektasi dan penggunaan Tunjangan Hari Raya (THR), YouGov mencatat bahwa fashion tetap menjadi kategori belanja utama, sementara pembelian online terus mengalami peningkatan di beberapa segmen.

“Survei ini menunjukkan bahwa preferensi belanja masyarakat Indonesia terus berkembang dengan pengaruh digitalisasi yang semakin besar. Meskipun fashion tetap menjadi primadona, kita melihat pergeseran yang signifikan dalam pola konsumsi di berbagai kategori. Dengan memahami perubahan ini, pelaku bisnis dapat lebih efektif menyesuaikan strategi pemasaran mereka untuk meraih kesuksesan di momen penting Ramadan dan Lebaran 2025,” ungkap Edward Hutasoit, General Manager YouGov Indonesia.

Fashion dan Makanan Masih Jadi Prioritas 

Survei YouGov menunjukkan bahwa pakaian (79%) dan makanan serta minuman (71%) menjadi dua kategori utama yang paling banyak direncanakan untuk dibeli dengan THR tahun ini. Selain itu, kue Lebaran dan hampers (52%), produk perawatan diri dan kosmetik (43%), serta alas kaki (38%) juga tetap menjadi pilihan populer di kalangan konsumen.

Dalam hal pola belanja, terdapat perbedaan yang menarik antara generasi muda dan generasi lebih tua. Gen Z dan Millennials lebih banyak mengalokasikan THR mereka untuk fashion dan kosmetik, sementara Gen X dan Baby Boomers lebih fokus pada makanan dan hampers Lebaran.

Pertumbuhan Belanja Online dan Perubahan Preferensi Kanal Pembelian Tren belanja online terus berkembang, terutama untuk kategori tertentu yang semakin banyak direncanakan untuk dibeli secara digital:

  • Paket data/internet (55%), pembayaran listrik dan tagihan (46%), serta langganan hiburan (44%) merupakan kategori dengan dominasi pembelian online.

  • Makanan dan minuman (58%) serta obat-obatan dan vitamin (48%) menunjukkan peningkatan dalam niat pembelian online dibandingkan tahun sebelumnya.

  • Produk elektronik dan peralatan rumah tangga mengalami pertumbuhan di kedua kanal (online dan offline), menandakan fleksibilitas konsumen dalam memilih cara berbelanja.

Di sisi lain, beberapa kategori masih lebih banyak direncanakan untuk dibeli secara offline:

  • Produk busana (75%) dan perawatan diri serta kosmetik (68%) lebih banyak direncanakan untuk dibeli langsung di toko, menunjukkan bahwa pengalaman langsung masih menjadi faktor penting dalam kategori ini.

  • Obat-obatan dan vitamin (45%) tetap lebih dominan dalam pembelian offline, kemungkinan karena faktor kebutuhan mendesak dan kepercayaan terhadap konsultasi langsung dengan apoteker.

“Tren belanja THR membuka peluang besar bagi ritel dan e-commerce. Dengan meningkatnya belanja online untuk makanan dan kebutuhan rumah tangga, bisnis perlu memperkuat strategi pemasaran dan penjualan digital. Sementara itu, fashion dan kosmetik tetap lebih banyak dibeli secara offline, sehingga promosi eksklusif di toko dapat menarik lebih banyak pelanggan. Selain itu, paket hampers dan bundling dapat menjadi strategi efektif bagi konsumen yang menjadikan hampers dan makanan sebagai prioritas belanja,” tutup Edward.

Studi ini dilakukan secara daring pada Desember 2024, dengan 2,012 responden dewasa (usia 18+) di seluruh Indonesia. Hasil laporan dapat diunduh di  https://business.yougov.com/content/51683-ramadan-2025-how-indonesians-plan-to-spend-and-give-this-festive-season .

 

Tags: YouGov
Previous Post

Gading Festival Food & Fun Kelapa Gading Jadi Tempat Ngabuburit dan Bukber Favorit

Next Post

Tiket Konser BABYMONSTER Jakarta Resmi Dijual di tiket.com!

Next Post
Tiket Konser BABYMONSTER Jakarta Resmi Dijual di tiket.com!

Tiket Konser BABYMONSTER Jakarta Resmi Dijual di tiket.com!

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

Penjurian IQSA Award 2025; Hutama Karya Infrastruktur (HKI) Perkuat Implementasi QHSSE Melalui Digitalisasi dan Inovasi Proyek Konstruksi

Penjurian IQSA Award 2025; Hutama Karya Infrastruktur (HKI) Perkuat Implementasi QHSSE Melalui Digitalisasi dan Inovasi Proyek Konstruksi

19 November 2025

Blu by BCA Digital Berikan Rencana Sports Trip Impian 2026

Blu by BCA Digital Berikan Rencana Sports Trip Impian 2026

19 November 2025

Ford Tingkatkan Standar Layanan, RMA Indonesia Gelar Ford National Skill Competition 2025

Ford Tingkatkan Standar Layanan, RMA Indonesia Gelar Ford National Skill Competition 2025

19 November 2025

Dana Murah Naik, Ini Strategi Bank Mega Syariah Jaga Loyalitas Nasabah

Bank Mega Syariah Optimistis Bukukan Kinerja Positif Hingga Akhir Tahun

19 November 2025

AFTECH dan PERBANAS Tegaskan Pentingnya Sinergi Bank-Fintech Perluas Akses Kredit Nasional

AFTECH dan PERBANAS Tegaskan Pentingnya Sinergi Bank-Fintech Perluas Akses Kredit Nasional

17 November 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt. 6 Unit 3. Jl. TB. Simatupang Kav. IS No. 01, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Telp: 021-22702245
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine