Rabu, 2 Juli 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Business

Tokopedia dan ShopTokopedia Perkenalkan ‘Pasar Berdaya Digital’ di Beringharjo Yogyakarta

Pasar Berdaya Digital dari Tokopedia dan ShopTokopedia membantu pedagang di pasar go digital untuk memperluas pasar dan meningkatkan penjualan.

19 September 2024
in Business
Tokopedia dan ShopTokopedia Perkenalkan ‘Pasar Berdaya Digital’ di Beringharjo Yogyakarta
0
SHARES
18
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Tokopedia dan ShopTokopedia meresmikan kerja sama dengan Pemerintah Kota Yogyakarta untuk mendigitalisasi pedagang di Pasar Beringharjo, Yogyakarta (11/9/2024).

Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan akses edukasi, membuka peluang ekonomi, dan membantu tumbuh kembang UMKM–dalam hal ini pedagang di pasar–di era digital.

Inisiatif ini juga sejalan dengan target Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (Kemendag RI) untuk mendigitalisasi 1.000 pasar rakyat di Indonesia pada tahun 2022-2024.

Director of Tokopedia and TikTok E-commerce, Vonny Ernita Susamto, menjelaskan, “Pasar Berdaya Digital merupakan program pemberdayaan yang holistik dari Tokopedia, ShopTokopedia, dan Pemerintah Kota Yogyakarta, yang mencakup (1) onboarding ratusan pedagang di Pasar Beringharjo ke platform Tokopedia dan ShopTokopedia, (2) pelatihan pengembangan bisnis online termasuk cara live streaming di TikTok untuk meningkatkan live shopping di ShopTokopedia, serta (3) memastikan marketplace yang mendorong persaingan yang adil melalui kolaborasi dengan mitra strategis seperti pemerintah dan otoritas pasar. Tokopedia dan ShopTokopedia sangat mengapresiasi dukungan Pemerintah Kota Yogyakarta dalam inisiatif ini.”

Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta, Veronica Ambar Ismuwardani mengatakan, “Lewat platform e-commerce seperti Tokopedia dan ShopTokopedia, pedagang dan UKM Kota Yogyakarta bisa mengakses lebih banyak pembeli dan memasarkan produknya ke seluruh wilayah di Indonesia. Maka kami, Pemerintah Kota Yogyakarta, sangat mengapresiasi upaya Tokopedia dan ShopTokopedia dalam mengedukasi pedagang di Pasar Beringharjo dan UKM Kota Yogyakarta, untuk memaksimalkan pemanfaatan platform e-commerce dalam berbisnis. Dengan ini, pedagang di Pasar Beringharjo dan UKM Kota Yogyakarta, bisa makin berdaya di era digital, mendapatkan lebih banyak pembeli dan pendapatan. Inisiatif Pasar Berdaya Digital dari Tokopedia dan ShopTokopedia juga sejalan dengan komitmen kami untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Kota Yogyakarta, khususnya dalam meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan pedagang pasar rakyat dan UKM di Kota Yogyakarta.”

Melalui inisiatif Pasar Berdaya Digital, Tokopedia dan ShopTokopedia berharap, pelaku usaha di Pasar Beringharjo, Yogyakarta, bisa memperluas pasar dan meningkatkan penjualan, serta makin berkontribusi terhadap perekonomian digital.

Tokopedia dan ShopTokopedia berkomitmen memperluas inisiatif ini ke lebih banyak wilayah di Indonesia. Pasar Berdaya Digital menargetkan bisa mendigitalisasi sebanyak-banyaknya pelaku usaha di Indonesia khususnya pedagang di pasar agar bisa merasakan kemudahan dan manfaat berbisnis online, seperti memperbesar basis konsumen, menaikkan pendapatan, menyederhanakan pemantauan bisnis, serta mengurangi biaya pemasaran, logistik, dan pengiriman.

Pasar Berdaya Digital Lanjutkan Kesuksesan Digitalisasi Pasar Tradisional

Sejak tahun 2021, Tokopedia bersama Kemendag RI menggencarkan program Digitalisasi Pasar Tradisional. Melihat kilas balik Digitalisasi Pasar Tradisional, program ini bertujuan memberdayakan pelaku usaha tradisional di Indonesia termasuk di Yogyakarta agar dapat berkontribusi terhadap perekonomian digital.

Program ini dimulai saat pandemi di mana mobilisasi masyarakat dibatasi sehingga membuat pendapatan pedagang di pasar tradisional, khususnya yang menjual sayur, buah, dan sembako, menurun drastis.

Lewat program tersebut, Tokopedia telah memberdayakan lebih dari 6.000 pedagang di 12 pasar tradisional di berbagai wilayah Indonesia, antara lain Pasar Baru Cicalengka, Pasar Cihapit di Bandung, Pasar Cikurubuk Tasikmalaya, Pasar Anyar Tangerang, Pasar Rakyat Oro-oro Dowo Malang, Pasar Beringharjo dan Pasar Gentan Yogyakarta, Sewakamart Pasar Badung Bali, Pasar Bersehati Manado, Pasar Beriman Tomohon, serta Baruga Pasar Pa’baeng-baeng Timur dan Baruga Pasar Kampung Baru Makassar.

Berkat Digitalisasi Pasar Tradisional, pedagang mengalami peningkatan penjualan. Contohnya, pedagang di Pasar Cikurubuk mengalami peningkatan penjualan rata-rata lebih dari 505% dibandingkan sebelum bergabung dengan Tokopedia. (Data: Tokopedia, periode 2021 dibandingkan 2020).

Selain melatih pedagang di pasar tradisional untuk memulai dan membangun bisnis online, Tokopedia juga membantu pemasaran produk para pedagang secara online lewat berbagai inisiatif.

Salah satunya dengan menggandeng Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan, untuk melakukan live streaming di Pasar Baru Cicalengka pada bulan Juli 2022 untuk meningkatkan penjualan online para pedagang pasar tradisional. Sejumlah produk yang dipromosikan melalui live streaming tersebut bahkan habis dalam waktu beberapa menit.

“Melihat dampak positif dari program Digitalisasi Pasar Tradisional, Tokopedia kini bersama ShopTokopedia memperkenalkan inisiatif Pasar Berdaya Digital. Ini sekaligus menjadi kelanjutan dari program Digitalisasi Pasar Tradisional. Pasar Berdaya Digital dimulai sejak bulan Agustus 2024 di Pasar Tanah Abang, Jakarta. Berbeda dengan program sebelumnya, yaitu Digitalisasi Pasar Tradisional yang lebih fokus memberdayakan pedagang buah, sayur, dan sembako, inisiatif Pasar Berdaya Digital lebih fokus memberdayakan pedagang dari kategori produk fashion termasuk batik,” demikian tutup Vonny.

 

Post Views: 7,125
Tags: Tokopedia
Previous Post

Turunnya Suku Bunga Acuan Bank Indonesia Jadi Katalis Pendorong Pembiayaan Bank Syariah

Next Post

IEE Series 2024 Sukses Mendorong Keberlanjutan Industri Melalui Penyelenggaraan Dua Pekan Energy Week dan Engineering Week

Next Post
IEE Series 2024 Sukses Mendorong Keberlanjutan Industri Melalui Penyelenggaraan Dua Pekan Energy Week dan Engineering Week

IEE Series 2024 Sukses Mendorong Keberlanjutan Industri Melalui Penyelenggaraan Dua Pekan Energy Week dan Engineering Week

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

Bank Saqu Gelar Roadshow Solopreneur Academy 2025 di Bandung, Rangkul Komunitas Kreatif Lokal

Bank Saqu Gelar Roadshow Solopreneur Academy 2025 di Bandung, Rangkul Komunitas Kreatif Lokal

30 Juni 2025

Redmi Pad 2 Siap Hadir di Indonesia Mulai 4 Juli 2025

Redmi Pad 2 Siap Hadir di Indonesia Mulai 4 Juli 2025

1 Juli 2025

AFTECH & HukumOnline Sosialisasikan Sistem Pengecekan Kepatuhan Online dan Dorong Penguatan Implementasi Perlindungan Data Pribadi

AFTECH & HukumOnline Sosialisasikan Sistem Pengecekan Kepatuhan Online dan Dorong Penguatan Implementasi Perlindungan Data Pribadi

1 Juli 2025

Sampoerna University dan Thunderbird Soroti Masa Depan ASEAN dan Tantangan ESG

Sampoerna University dan Thunderbird Soroti Masa Depan ASEAN dan Tantangan ESG

30 Juni 2025

Semen Merah Putih dan Karyawan Perbaiki Fasilitas SLB, Peduli Pendidikan Inklusif

Semen Merah Putih dan Karyawan Perbaiki Fasilitas SLB, Peduli Pendidikan Inklusif

30 Juni 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt .6 Unit 3 Jl. TB Simatupang Kav. IS No. 01 Kel. Pondok Pinang, Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310.

Telp: 021-22702245
Handphone: 0816.900315
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine