Jumat, 1 Agustus 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Business

Tokopedia dan ShopTokopedia Rilis Tren Belanja Online Kuartal IV 2024

Simak dampak positif inisiatif Tokopedia dan ShopTokopedia terhadap tren belanja online produk fashion!

6 Desember 2024
in Business
Tokopedia dan ShopTokopedia Rilis Tren Belanja Online Kuartal IV 2024
0
SHARES
19
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Indonesia, Business Asia  – Tokopedia dan ShopTokopedia terus membantu tumbuh kembang pelaku usaha di Indonesia–termasuk brand fashion lokal, seperti Batik Arkanza (simak kisah pebisnis sukses yang pernah jadi driver ojol di sini)–melalui berbagai inisiatif karena industri fesyen tanah air memiliki potensi yang besar.

Pada skala nasional, beberapa produk fashion dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi di Tokopedia dan ShopTokopedia, antara lain: atasan (kaos), blouse dan outerwear, hijab, baju tidur, serta sandal dan sepatu, dengan rata-rata hampir 7 kali lipat. (Sumber: Tokopedia dan ShopTokopedia, data kuartal IV 2024 dibandingkan dengan kuartal IV 2023)

Communications Senior Lead Tokopedia and TikTok E-commerce, Antonia Adega, mengatakan, “Untuk makin mendorong geliat industri fashion termasuk batik dalam negeri, Tokopedia dan ShopTokopedia melakukan beragam inisiatif, seperti Promo Guncang, Beli Lokal, dan Melokal Dengan Batik.”

Penjualan sejumlah brand fashion di ‘Beli Lokal’ Tokopedia dan ShopTokopedia naik 21 kali saat Promo Guncang 11.11

Promo Guncang berlangsung di Tokopedia dan ShopTokopedia setiap tanggal kembar untuk mempermudah masyarakat menjangkau produk kebutuhan termasuk fashion dengan lebih murah lewat beragam penawaran, seperti bebas ongkir, cashback, dan diskon.

Di jam pertama puncak Promo Guncang 11.11 tahun ini, nilai transaksi di ShopTokopedia melalui fitur LIVE di TikTok meningkat hingga 26 kali lipat dibandingkan hari biasa. Di sisi lain, ada Beli Lokal yang memberikan etalase khusus bagi brand lokal termasuk fashion agar makin menjadi pilihan masyarakat.

“Fashion menjadi salah satu kategori produk paling laris pada kampanye Beli Lokal di Tokopedia dan ShopTokopedia saat Promo Guncang 11.11 tahun 2024 berlangsung. Sejumlah brand fashion lokal bahkan merasakan peningkatan tertinggi nilai penjualan dengan rata-rata lebih dari 21 kali lipat melalui kampanye Beli Lokal saat Promo Guncang 11.11,” kata Antonia.

“Secara umum, brand yang berpartisipasi dalam kampanye Beli Lokal, dan mengalami peningkatan transaksi tertinggi saat Promo Guncang 11.11 berlangsung, berasal dari kategori produk Groceries, Elektronik, dan Rumah Tangga, dengan rata-rata kenaikan hampir 24 kali lipat,” ungkap Antonia.

‘Melokal Dengan Batik’ Tokopedia dan ShopTokopedia buat transaksi sejumlah produk batik naik 6 kali lipat

Lewat Melokal Dengan Batik, Tokopedia dan ShopTokopedia berupaya meningkatkan kapasitas dan kapabilitas perajin batik lewat berbagai inisiatif kunci, yaitu akselerasi digitalisasi UMKM batik, halaman khusus Melokal Dengan Batik, shoppertainment, dan peningkatan kapasitas produksi. Inisiatif yang diluncurkan pada awal tahun 2024 ini juga bertujuan meningkatkan minat beli masyarakat terhadap produk batik lokal.

Berkat inisiatif Melokal Dengan Batik, di skala nasional, terdapat sejumlah produk batik dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi di Tokopedia dan ShopTokopedia, antara lain: atasan batik (jaket, blouse), kain batik, dan bawahan batik (rok, kamen), dengan rata-rata lebih dari 6 kali lipat. (Sumber: Tokopedia dan ShopTokopedia, data kuartal IV 2024 dibandingkan dengan kuartal IV 2023)

Tentang Batik Arkanza

Batik Arkanza (akun: Tokopedia dan ShopTokopedia) didirikan oleh mantan driver ojek dan taksi online, Mahfud Fadholi, tahun 2019. Sambil mengisi waktu luang saat kuliah, Mahfud sempat memutuskan menjadi driver. Saat menjadi driver, Mahfud mendengar banyak cerita penumpang yang sukses berbisnis. Mahfud pun terinspirasi memulai usaha.

“Saya menabung penghasilan sebagai driver selama 3 tahun untuk dijadikan modal usaha,” jelas Mahfud. Setelah melalui berbagai tantangan, Mahfud berhasil mendirikan Batik Arkanza yang menyediakan kain bermotif batik (“batik cetak”), batik cap, dan batik tulis. Kini Batik Arkanza memiliki sekitar 60 karyawan yang sebagian besar anak muda.

Batik Arkanza memberdayakan 100% sumber daya lokal. Bahan berupa kain diperoleh dari Solo dan Sragen, Jawa Tengah. Berbagai motif batik juga berasal dari kerja sama dengan para desainer lokal. Batik Arkanza pun menggandeng perajin lokal dari daerah Sragen, Jawa Tengah, dalam keseluruhan proses produksi.

Dahulu, saat belum lama dimulai, Batik Arkanza diterpa tantangan pandemi. Batik Arkanza harus merumahkan sejumlah karyawan karena menyusutnya penjualan imbas pembatasan mobilitas masyarakat. Untuk menjawab ini, Batik Arkanza fokus pada penjualan online termasuk lewat Tokopedia dan ShopTokopedia.

Tokopedia membantu Batik Arkanza memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan. Sedangkan konten video singkat maupun live streaming di TikTok, yang Batik Arkanza buat, mendorong peningkatan penjualan toko mereka di ShopTokopedia. Upaya ini juga berhasil menarik pelanggan berusia belia; mendorong lebih banyak anak muda untuk memakai batik lokal lebih sering.

Fitur di Tokopedia, seperti Bebas Ongkir, Flash Sale, dan fitur beriklan TopAds, dimanfaatkan Batik Arkanza untuk meningkatkan penjualan. Sedangkan di ShopTokopedia, Batik Arkanza rajin melakukan live streaming bahkan 24 jam setiap hari dengan 6 host yang tampil bergantian. Batik Arkanza juga gencar berkolaborasi dengan content creator dan affiliate creator untuk terus mendongkrak penjualan di ShopTokopedia.

“Berkat pemanfaatan berbagai fitur di Tokopedia dan ShopTokopedia, omzet bulanan kami bisa mencapai belasan ribu pesanan per bulan. Bahkan lewat live streaming, penjualan Batik Arkanza di ShopTokopedia meningkat hampir 2 kali lipat,” ujar Mahfud. Di sisi lain, berkat berpartisipasi dalam kampanye Tokopedia dan ShopTokopedia, seperti Melokal Dengan Batik, Promo Guncang, dan Beli Lokal, omzet Batik Arkanza pun bisa naik hingga 100% dibandingkan hari biasa.

Post Views: 7,043
Tags: Tokopedia
Previous Post

Banyak Spesies Indonesia Terancam Punah: Bagaimana Cara Kita Menyelamatkannya?

Next Post

Amar Bank Perkenalkan Solusi  Embedded Banking, Dorong Pertumbuhan Ekonomi Digital,

Next Post
Amar Bank Perkenalkan Solusi  Embedded Banking, Dorong Pertumbuhan Ekonomi Digital,

Amar Bank Perkenalkan Solusi  Embedded Banking, Dorong Pertumbuhan Ekonomi Digital,

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

PINTU Hadirkan Imbal Hasil Fitur Flexi Earn Hingga 25%

PINTU Hadirkan Imbal Hasil Fitur Flexi Earn Hingga 25%

31 Juli 2025

Agung Podomoro Land Catat Marketing Sales Rp 980 Miliar Januari-Juli 2024

Agung Podomoro Land Catatkan Marketing Sales sebesar Rp881,5 miliar Semester 1 2025

31 Juli 2025

Didukung Arus Kas Kuat, NAV Saratoga Capai Rp 49,8 Triliun Kuartal III-2023

Saratoga Catat Kinerja Positif Semester I 2025, Bukukan Nilai Aset Bersih (NAV) Rp53,99 Triliun.

31 Juli 2025

Pameran Indo Healthcare Gakeslab Expo 2025 Siap Digelar 6–8 Agustus 2025 di JIEXPO Kemayoran

Pameran Indo Healthcare Gakeslab Expo 2025 Siap Digelar 6–8 Agustus 2025 di JIEXPO Kemayoran

31 Juli 2025

CIMB Niaga Menutup Tahun 2023 dengan Perolehan Kinerja Tertinggi

CIMB Niaga Laporkan Perolehan Laba Sebelum Pajak Konsolidasi sebesar Rp4,4 Triliun

30 Juli 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt .6 Unit 3 Jl. TB Simatupang Kav. IS No. 01 Kel. Pondok Pinang, Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310.

Telp: 021-22702245
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine