Rabu, 19 November 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Business

Tokopedia, TikTok Shop dan Kementerian Perindustrian RI Dorong UMKM Lokal Melesat Lewat Program KALCER

21 Juni 2025
in Business, Teknologi
Tokopedia, TikTok Shop dan Kementerian Perindustrian RI Dorong  UMKM Lokal Melesat Lewat Program KALCER

Direktur Tokopedia dan TikTok E-Commerce, Indonesia, Vonny Susamto.

0
SHARES
0
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Jakarta, Business Asia – Tokopedia dan TikTok Shop bersama Kementerian Perindustrian Republik Indonesia mengumumkan peluncuran program KALCER (Kemenperin Angkat Lokal Cepat Terkenal) untuk mendukung pertumbuhan UMKM melalui berbagai inisiatif guna meningkatkan keterampilan dan daya saing bisnis.

Melalui program KALCER, Tokopedia dan TikTok Shop akan memberikan pengetahuan bagi ratusan pelaku UMKM mengenai cara membuka dan mengelola toko di Tokopedia dan/atau TikTok Shop serta informasi tentang #JualanNyaman dan #BelanjaAman dan deretan fitur yang bisa dimanfaatkan para UMKM, seperti Live Stream dan Program Afiliasi.

“Kami terus berkomitmen mendukung pertumbuhan UMKM lokal yang berkelanjutan, yang diwujudkan hari ini melalui peluncuran program KALCER bersama Kementerian Perindustrian RI. Program ini dirancang untuk membantu UMKM bersaing dan memaksimalkan pemanfaatan teknologi digital lewat Tokopedia dan TikTok Shop. Melalui program ini, pelaku usaha akan mendapatkan pelatihan, mulai dari cara membuka toko hingga strategi meningkatkan penjualan dan pendapatan di platform kami,” ujar Vonny Susamto, Direktur Tokopedia dan TikTok E-Commerce, Indonesia.

Wakil Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Faisol Riza, mengatakan, “Program KALCER merupakan wujud nyata dukungan pemerintah terhadap industri lokal, khususnya UMKM, dalam menghadapi era digital. Kolaborasi strategis dengan Tokopedia dan TikTok Shop ini diharapkan dapat mempercepat transformasi digital industri kecil dan menengah serta memperluas akses pasarnya melalui platform digital, seperti Tokopedia dan TikTok Shop. Melalui inisiatif ini, kami bertujuan memastikan produk lokal mampu mendominasi pasar domestik dan tetap memiliki daya saing tinggi.”

Dampak Positif Kolaborasi Beli Lokal bagi UMKM Lokal
Saat ini, ada jutaan penjual yang telah tergabung di platform Tokopedia dan TikTok Shop, mayoritasnya
UMKM. Dengan adanya sinergi Tokopedia dan TikTok Shop telah mendorong kenaikan penjualan yang
lebih tinggi.

Bahkan jika UMKM tersebut memiliki dua akun, baik di Tokopedia maupun di TikTok Shop,
kenaikan penjualan bisa mencapai 118%. 1 Kampanye Beli Lokal yang dilakukan oleh Tokopedia dan
TikTok Shop juga mendorong pertumbuhan penjualan UMKM lokal hingga 70%. 2 Penjual yang
bergabung dalam Beli Lokal di TikTok Shop mengalami peningkatan nilai transaksi harian rata-rata
hampir 90% khususnya pada bulan Ramadan 3 .

“Sejak didirikan, No Void Minds (akun/produk: Tokopedia dan TikTok Shop) fokus berjualan online di e-
commerce, seperti Tokopedia dan TikTok Shop. Kampanye Beli Lokal yang diikuti No Void Minds
membantu meningkatkan eksposur, transaksi, dan brand awareness sebagai brand lokal. Berkat
optimalisasi penjualan di Tokopedia dan TikTok Shop, penjualan No Void Minds melesat hingga 3 kali
lipat pada tahun 2024. Total omzet No Void Minds dalam sebulan lewat Tokopedia dan TikTok Shop
berkisar Rp3 miliar,” jelas CEO No Void Minds, Verrell Gunawan.

“Dengan pemanfaatan Tokopedia dan TikTok Shop, Minimal (akun/produk: Tokopedia, TikTok Shop)
berhasil menjangkau pembeli hingga ke kota-kota kecil di Indonesia. Berbagai kampanye yang diikuti,
seperti Beli Lokal, turut meningkatkan penjualan di Tokopedia secara signifikan, sementara di TikTok
Shop peningkatan penjualan kami mencapai 80%,” kata Chief of Business Unit Retail Officer Minimal,
Ruth Setiaty.

 

Tags: TikTok ShopTokopedia
Previous Post

Pinhome bersama Bank Muamalat Mengupas Data Terbaru Pasar Properti

Next Post

Indonesia dan Uni Eropa Perkuat Kolaborasi Strategis melalui Program Horizon Europe

Next Post
Indonesia dan Uni Eropa Perkuat Kolaborasi Strategis  melalui Program Horizon Europe

Indonesia dan Uni Eropa Perkuat Kolaborasi Strategis melalui Program Horizon Europe

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

Penjurian IQSA Award 2025; Hutama Karya Infrastruktur (HKI) Perkuat Implementasi QHSSE Melalui Digitalisasi dan Inovasi Proyek Konstruksi

Penjurian IQSA Award 2025; Hutama Karya Infrastruktur (HKI) Perkuat Implementasi QHSSE Melalui Digitalisasi dan Inovasi Proyek Konstruksi

19 November 2025

Blu by BCA Digital Berikan Rencana Sports Trip Impian 2026

Blu by BCA Digital Berikan Rencana Sports Trip Impian 2026

19 November 2025

Ford Tingkatkan Standar Layanan, RMA Indonesia Gelar Ford National Skill Competition 2025

Ford Tingkatkan Standar Layanan, RMA Indonesia Gelar Ford National Skill Competition 2025

19 November 2025

Dana Murah Naik, Ini Strategi Bank Mega Syariah Jaga Loyalitas Nasabah

Bank Mega Syariah Optimistis Bukukan Kinerja Positif Hingga Akhir Tahun

19 November 2025

AFTECH dan PERBANAS Tegaskan Pentingnya Sinergi Bank-Fintech Perluas Akses Kredit Nasional

AFTECH dan PERBANAS Tegaskan Pentingnya Sinergi Bank-Fintech Perluas Akses Kredit Nasional

17 November 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt. 6 Unit 3. Jl. TB. Simatupang Kav. IS No. 01, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Telp: 021-22702245
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine