Minggu, 17 Agustus 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Business

Tren Belanja Masyarakat di Tokopedia Sepanjang 2022

10 Januari 2023
in Business
Tren Belanja Masyarakat di Tokopedia Sepanjang 2022
0
SHARES
0
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Sepanjang 2022, animo masyarakat menggunakan aplikasi belanja online Tokopedia masih tinggi. “Rumah Tangga, Makanan dan Minuman, Kesehatan, Elektronik dan Fesyen menjadi kategori terpopuler. Pengiriman terjauh tercatat dari Lhokseumawe ke Jayapura untuk produk Kopi Gayo,” jelas Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

Guna mendukung tumbuh kembang lebih banyak UMKM dan membantu masyarakat memenuhi kebutuhan melalui aplikasi belanja online, Tokopedia terus mengencarkan inisiatif berpendekatan Hyperlocal didukung teknologi geo-tagging, antara lain Dilayani Tokopedia dan Tokopedia NOW!.

Tokopedia mencatat peningkatan transaksi lewat Dilayani Tokopedia sebesar 2,5 kali lipat. Produk seperti popok anak, sembako dan detergen adalah produk paling banyak dibeli lewat Dilayani Tokopedia.

“Kami juga melihat penjual yang memanfaatkan layanan pemenuhan pesanan Dilayani Tokopedia mengalami rata-rata peningkatan penjualan lebih dari 5 kali lipat,” tambah Ekhel.

Di sisi lain, beras, telur ayam, mie instan dan roti menjadi produk yang paling laris lewat Tokopedia NOW! (layanan pengiriman produk kebutuhan harian dalam waktu maksimal 2 jam). “Data internal kami mencatat pengguna yang memanfaatkan Tokopedia NOW! meningkat lebih dari 10 kali lipat,” ungkap Ekhel.

Menurut Ekhel, masyarakat juga terus memanfaatkan berbagai produk atau layanan di Tokopedia untuk memenuhi beragam kebutuhan lain, salah satunya membayar pajak. Sepanjang 2022, Penerimaan Negara, PBB dan E-Samsat menjadi jenis pajak yang paling banyak dibayar lewat Tokopedia.

“Kami juga melihat penjualan voucher makanan di Tokopedia meningkat hingga 6,5 kali lipat. Peningkatan signifikan pun terjadi di penjualan tiket event sebesar lebih dari 15 kali lipat,” jelas Ekhel.

Tokopedia Hadirkan Inovasi yang Relevan untuk Masyarakat Indonesia  

Tokopedia menghadirkan inovasi–yang sesuai dengan kebutuhan di era social-commerce dimana masyarakat cenderung mencari inspirasi sambil berbelanja atau sebaliknya–yaitu kanal streaming video Tokopedia Play. “Pada 2022, kami mencatat transaksi live shopping di Tokopedia Play meningkat hingga 2,5 kali lipat,” kata Ekhel.

Ada pula Tokopedia Affiliate untuk mempermudah siapa pun memperoleh pendapatan dengan cara merekomendasikan produk atau toko di Tokopedia melalui media sosial, serta memberikan nilai tambah pada strategi pemasaran para pegiat usaha. Tokopedia mencatat pengguna Tokopedia Affiliate meningkat lebih dari 11 kali lipat.

Agar semakin meningkatkan pengalaman pengguna saat menggunakan aplikasi belanja online, Tokopedia menghadirkan fitur Dark mode yang membuat tampilan aplikasi lebih nyaman saat digunakan di tempat yang minim cahaya. Tokopedia juga telah meluncurkan fitur Shared Shopping untuk pengguna iOS untuk memudahkan pengguna berbelanja bersama keluarga atau kerabat.

Tak hanya itu, Tokopedia berkolaborasi dengan BRI menghadirkan layanan kartu kredit Tokopedia Card pada Juni 2022. Kemudian pada Agustus 2022, Tokopedia juga menghadirkan layanan berlangganan PLUS by GoTo yang memberikan berbagai keuntungan, seperti bebas ongkir tanpa kuota, diskon spesial dan akses prioritas ke promo-promo terbatas.

Post Views: 288
Tags: Tokopedia
Previous Post

Bank Muamalat dan Pos Indonesia Jalin Kerja Sama Logistik

Next Post

Universitas Pertamina Gelar Talkshow BUMN Goes To Campus

Next Post
Universitas Pertamina Gelar Talkshow BUMN Goes To Campus

Universitas Pertamina Gelar Talkshow BUMN Goes To Campus

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

Aset DPLK Syariah Muamalat Capai Rp1,8 Triliun

Aset DPLK Syariah Muamalat Capai Rp1,8 Triliun

15 Agustus 2025

Semen Merah Putih Dukung Pendidikan Yang Merdeka, Untuk Negeri Yang Lebih Berdaya

Semen Merah Putih Dukung Pendidikan Yang Merdeka, Untuk Negeri Yang Lebih Berdaya

15 Agustus 2025

NUS Business School: 60 Tahun Membentuk Pemimpin Bisnis Kelas Dunia

NUS Business School: 60 Tahun Membentuk Pemimpin Bisnis Kelas Dunia

15 Agustus 2025

ecoCare Gandeng KALISTA Dorong Transformasi Logistik

ecoCare Gandeng KALISTA Dorong Transformasi Logistik

15 Agustus 2025

Kepercayaan Konsumen Mengantar Air Minum Biru Meraih Top Brand Award 2025

Kepercayaan Konsumen Mengantar Air Minum Biru Meraih Top Brand Award 2025

15 Agustus 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt .6 Unit 3 Jl. TB Simatupang Kav. IS No. 01 Kel. Pondok Pinang, Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310.

Telp: 021-22702245
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine