Rabu, 2 Juli 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Business

Twilio Prediksi Edukasi Privasi Data Konsumen dan Minimalisasi Data Jadi Tren Penentu Arah Bisnis di 2024  

17 Januari 2024
in Business
Twilio Prediksi Edukasi Privasi Data Konsumen dan Minimalisasi Data Jadi Tren Penentu Arah Bisnis di 2024   

Twilio privacy first marketing

0
SHARES
0
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Twilio (NYSE: TWLO), platform interaksi dengan pelanggan yang menghasilkan pengalaman real-time dan terpersonalisasi untuk brand-brand terkemuka, berbagi pandangan terkait sejumlah tren yang diperkirakan akan memengaruhi strategi brand-brand Indonesia dalam mengelola data dan interaksi dengan pelanggan di tahun 2024.

Fokus pada peningkatan literasi data bagi karyawan dan edukasi tentang privasi data konsumen, penerapan satu strategi data untuk seluruh lini organisasi, serta pendekatan baru seperti minimalisasi data merupakan sejumlah tren yang menjadi perhatian Twilio.

Di kawasan Asia Pasifik, literasi data di kalangan karyawan dan edukasi privasi data konsumen akan menjadi landasan yang menentukan arah perkembangan bisnis yang semakin mengandalkan data

Privasi data dan kepatuhan akan menjadi tanggung jawab bersama oleh seluruh divisi dan tim dalam organisasi bisnis, sejalan dengan perkembangan regulasi yang mewajibkan perusahaan yang memanfaatkan data untuk memastikan keseimbangan antara strategi berbasis data dan pertimbangan-pertimbangan etis.

Penerapan UU Perlindungan Data Pribadi akan mendorong peningkatan transparansi terkait pengumpulan, penggunaan, dan berbagi data, dan secara umum akan mensyaratkan pelaku usaha di Indonesia untuk menjadi lebih bertanggung jawab.

Terkait dengan hal itu, literasi data akan menjadi komponen utama dari program peningkatan kapasitas dan rekrutmen karyawan.

Lebih lanjut, organisasi bisnis diharapkan bersikap lebih proaktif dalam melakukan edukasi terkait privasi data konsumen, termasuk dengan cara menyampaikan informasi terkait privasi yang mudah dimengerti serta mendampingi konsumen dalam memutuskan sejauh mana mereka ingin melindungi data mereka.

Atribusi, pengukuran, dan personalisasi skala besar akan menjadi pertimbangan utama bagi para pelaku usaha dalam mengelola data konsumen dan berinteraksi dengan mereka, di samping hal-hal terkait privasi, persetujuan, dan tata kelola. Semua ini akan berdampak pada operasional dan strategi yang diterapkan pemasar dan praktisi data di berbagai vertikal industri.

Platform data menjadi elemen yang menyatukan organisasi dan keputusan untuk menerapkan strategi data merupakan tanggung jawab bersama seluruh tampuk pimpinan

Kemunculan platform data pelanggan (customer data platform atau CDP), CDP dengan komponen yang dapat dipilih dan dirakit dalam berbagai kombinasi untuk memenuhi kebutuhan pengguna tertentu (composable CDP), ruang pembersihan data (data clean room), dan gudang data (data warehouse) akan mendorong pergeseran nyata dalam dinamika organisasi di tahun 2024.

Mengutip temuan IDC, 50% dari 1.000 organisasi bisnis terbesar di Asia menyatakan bahwa di tahun 2024, mereka akan mengadopsi CDP sebagai layanan data pelanggan perusahaan untuk menangani transaksi real time. Platform data modern, yang diharapkan dapat mengurai penyimpanan data tradisional dalam setiap divisi bisnis, akan menjadi kekuatan yang menyatukan berbagai tim dan fungsi dalam sebuah organisasi bisnis dengan satu strategi data yang sama.

Dengan kian pentingnya peranan data dalam menentukan arah kebijakan dan menemukan peluang baru, organisasi bisnis akan fokus pada pengembangan strategi data tunggal.

Di era baru ini, bukan hal aneh bagi para pimpinan utama, termasuk Chief Technology Officer (CTO), Chief Marketing Officer (CMO), Chief Product Officer (CPO), dan Chief Revenue Officer (CRO), untuk melangkah keluar dari batasan peran masing-masing dan bekerja sama untuk menetapkan visi data dari suatu organisasi.

Pendekatan kolaboratif seperti ini akan mendukung terciptanya perspektif yang lebih menyeluruh akan sebuah perusahaan dan praktik bisnis yang dijalankannya, yang akan menjadi masukan berharga dalam proses pengambilan keputusan serta faktor penting pendorong pertumbuhan.

Menentukan strategi data yang paling efektif akan jadi perhatian utama di tahun 2024, dan organisasi bisnis akan mengeksplorasi berbagai cara untuk mengurangi risiko data, salah satunya dengan minimalisasi data

Perdebatan antara kelompok yang mengusung prinsip minimalisasi data dan yang meyakini kekuatan maksimalisasi data akan meramaikan diskusi di antara pimpinan perusahaan, seiring dengan perjalanan organisasi bisnis dalam menemukan cara terbaik memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk menghasilkan dampak positif terbesar bagi perusahaan.

Di tengah kekhawatiran terkait privasi data dan pembobolan data, kita akan melihat banyak organisasi bisnis memilih strategi minimalisasi data guna mengurangi risiko dan juga sebagai upaya mematuhi standar privasi data. Di sisi lain, membatasi pengumpulan data hanya pada data yang penting untuk tujuan bisnis yang spesifik – alih-alih mengumpulkan data dalam jumlah besar – mungkin akan menghambat efektivitas dan perkembangan strategi yang berbasis AI.

Karena itu, di tahun 2024, organisasi bisnis akan fokus mencari jalan tengah guna memastikan keseimbangan optimal antara penggunaan, privasi, dan keamanan data.

Post Views: 2,823
Tags: Twilio
Previous Post

Menggali Potensi Melalui Pendirian Akademi Sepak Bola Garudayaksa

Next Post

Sampoerna University Bright Future Talks

Next Post
Sampoerna University Bright Future Talks

Sampoerna University Bright Future Talks

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

Prodia Widyahusada Ambil Langkah Strategis Beli Saham ProSTEM

Prodia Widyahusada Ambil Langkah Strategis Beli Saham ProSTEM

2 Juli 2025

Penjurian  BEST HC Awards 2025: Strategi SGPJB Kembangkan SDM Unggul dan Berkualitas di PLTU Jawa 7

Penjurian BEST HC Awards 2025: Strategi SGPJB Kembangkan SDM Unggul dan Berkualitas di PLTU Jawa 7

2 Juli 2025

Bank Saqu Gelar Roadshow Solopreneur Academy 2025 di Bandung, Rangkul Komunitas Kreatif Lokal

Bank Saqu Gelar Roadshow Solopreneur Academy 2025 di Bandung, Rangkul Komunitas Kreatif Lokal

30 Juni 2025

Redmi Pad 2 Siap Hadir di Indonesia Mulai 4 Juli 2025

Redmi Pad 2 Siap Hadir di Indonesia Mulai 4 Juli 2025

1 Juli 2025

AFTECH & HukumOnline Sosialisasikan Sistem Pengecekan Kepatuhan Online dan Dorong Penguatan Implementasi Perlindungan Data Pribadi

AFTECH & HukumOnline Sosialisasikan Sistem Pengecekan Kepatuhan Online dan Dorong Penguatan Implementasi Perlindungan Data Pribadi

1 Juli 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt .6 Unit 3 Jl. TB Simatupang Kav. IS No. 01 Kel. Pondok Pinang, Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310.

Telp: 021-22702245
Handphone: 0816.900315
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine