Kamis, 24 Juli 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Business

YouGov: 7 dari 10 Orang Indonesia Percaya Berita Buatan AI – Tertinggi di Asia

29 Mei 2025
in Business
YouGov: 7 dari 10 Orang Indonesia Percaya Berita Buatan AI – Tertinggi di Asia
0
SHARES
15
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Jakarta, Business Asia – Masyarakat Indonesia termasuk yang paling optimistis terhadap peran kecerdasan buatan (AI) dalam kehidupan sehari-hari, menurut survei terbaru dari YouGov.

Sebanyak 36% responden Indonesia menyatakan sikap positif terhadap meningkatnya peran AI — jauh lebih tinggi dibanding rata-rata 17 negara lain sebesar 24%.

Menariknya pula, 34% responden Indonesia juga mengaku berhati-hati terhadap peran AI dalam kehidupan mereka, angka ini jauh lebih tinggi dibanding Hong Kong (11%) maupun Singapura (27%), menunjukkan sikap yang terbuka namun tetap kritis.

Edward Hutasoit, General Manager YouGov Indonesia, menjelaskan, “Survei ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia optimistis terhadap peran AI dalam kehidupan mereka, dan juga termasuk yang paling nyaman dengan berbagai konten digital yang dihasilkan AI. Sikap terbuka ini memberikan peluang besar bagi pelaku bisnis, media, dan platform digital untuk menjangkau audiens yang digital-savvy dan berpikiran terbuka.”

Namun di balik optimisme, ada kekhawatiran yang tidak dapat diabaikan. Sekitar 48% konsumen Indonesia mengkhawatirkan hilangnya sentuhan manusia dalam konten yang dibuat AI, 46% khawatir soal privasi dan penggunaan data, dan 32% mencemaskan risiko misinformasi dan deepfake. Hal ini mengindikasikan pentingnya penerapan prinsip transparansi dan etika yang kuat dalam penggunaan AI.

Konsumen Indonesia juga termasuk yang paling terbuka dengan konten berbasis AI dalam berbagai format. Survei ini mencatat bahwa 58% responden Indonesia nyaman dengan gambar yang dihasilkan AI, dan 56% juga nyaman dengan konten video — lebih tinggi dibanding Hong Kong (51% gambar, 45% video) dan Singapura (37% gambar, 36% video).

Keterbukaan ini meluas ke berbagai bentuk konten digital sehari-hari, seperti unggahan media sosial (54%); Artikel atau blog (51%); Email/newsletter (44%). Tidak hanya itu, hampir 50% konsumen Indonesia bersedia berinteraksi dengan influencer digital berbasis AI, lebih dari dua kali lipat rata-rata 17 negara yang disurvei (24%). Hal ini mengindikasikan potensi besar bagi strategi komunikasi dan pemasaran berbasis AI di pasar Indonesia.

Tingkat kenyamanan ini juga didukung oleh tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap berita buatan AI. Sebanyak 70% orang Indonesia menyatakan mereka mempercayai berita yang dihasilkan AI sama atau bahkan lebih besar dibanding berita buatan manusia — tertinggi di antara negara-negara yang disurvei.

Meski begitu, 77% responden juga menegaskan pentingnya transparansi, terutama dalam menyebut secara jelas jika konten dibuat oleh AI. Sementara 54% responden merasa regulasi saat ini sudah cukup, sisanya menilai perlunya pengawasan yang lebih ketat.

“Seiring AI makin membentuk masa depan komunikasi digital, memahami perbedaan tingkat kenyamanan dan ekspektasi konsumen di setiap negara jadi semakin penting. Di Indonesia, keseimbangan antara manfaat teknologi dan keterbukaan informasi akan menjadi kunci untuk menjaga kepercayaan publik,” tutup Edward.

Survei ini merupakan bagian dari studi regional YouGov yang dilakukan melalui panel online milik YouGov. Survei dilakukan antara 16 Desember 2024 hingga 2 Januari 2025, dengan responden sebanyak 500–1.000 orang di Indonesia, Hong Kong, dan Singapura.

Post Views: 6,928
Tags: YouGov
Previous Post

Evolusi Channel Distribusi: Dari Warung Tradisional ke Ekosistem Digital

Next Post

United Tractors Terima Apresiasi dari Menteri Dikdasmen

Next Post
United Tractors Terima Apresiasi dari Menteri Dikdasmen

United Tractors Terima Apresiasi dari Menteri Dikdasmen

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

BINAR Luncurkan SINCRO, Dorong Kreator AI dan Transformasi Bisnis di Indonesia

BINAR Luncurkan SINCRO, Dorong Kreator AI dan Transformasi Bisnis di Indonesia

23 Juli 2025

MR.D.I.Y., Tempat Favorit Family Time ala Shireen Sungkar-Teuku Wisnu

MR.D.I.Y., Tempat Favorit Family Time ala Shireen Sungkar-Teuku Wisnu

23 Juli 2025

Program eYAA: Angkatan ke-5 Membuat Perubahan Positif di Kawasan ASEAN

Program eYAA: Angkatan ke-5 Membuat Perubahan Positif di Kawasan ASEAN

23 Juli 2025

Clarus-IT dan Huawei Kenalkan Solusi AI untuk Dorong Digitalisasi Industri Pertambangan

Clarus-IT dan Huawei Kenalkan Solusi AI untuk Dorong Digitalisasi Industri Pertambangan

23 Juli 2025

Deakin University Australia dan Lancaster University Inggris Tawarkan Pembelajaran Global di Indonesia

Deakin University Australia dan Lancaster University Inggris Tawarkan Pembelajaran Global di Indonesia

23 Juli 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt .6 Unit 3 Jl. TB Simatupang Kav. IS No. 01 Kel. Pondok Pinang, Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310.

Telp: 021-22702245
Handphone: 0816.900315
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine