Jumat, 15 Agustus 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Business

YouGov: Konsumen Indonesia Makin Cermat Berbelanja Kebutuhan Pokok, Nilai dan Harga jadi Prioritas

15 Agustus 2025
in Business
YouGov: Konsumen Indonesia Makin Cermat Berbelanja Kebutuhan Pokok, Nilai dan Harga jadi Prioritas
0
SHARES
3
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Jakarta, Business Asia – Konsumen Indonesia kini semakin cermat dan selektif dalam berbelanja kebutuhan sehari-hari. Laporan terbaru YouGov menunjukkan, meski perilaku ini sejalan dengan tren di Asia Pasifik, pembeli di Indonesia punya ciri khas tersendiri: lebih mengutamakan kebersihan dan kerapian toko, variasi produk, serta cenderung memilih minimarket dibandingkan supermarket besar.

Riset berjudul “The Rise of Value Shoppers: APAC Grocery Retail 2025” membandingkan kebiasaan belanja masyarakat di Indonesia, Singapura, Hong Kong, Australia, dan Thailand. Menurut laporan ini, kenaikan harga membuat konsumen di semua pasar semakin fokus pada nilai, namun di Indonesia perilaku ini berpadu dengan kebiasaan belanja yang praktis dan lokasi yang mudah dijangkau.

Kanal Digital Jadi Senjata Utama Hemat Belanja

“Konsumen Indonesia semakin aktif memanfaatkan kanal digital untuk berbelanja kebutuhan pokok dan sehari-hari, mengikuti arah perkembangan di kawasan Asia Pasifik.” ujar Edward Hutasoit, General Manager YouGov Indonesia & India. “Mereka semakin cerdas, terhubung secara digital, dan terus membandingkan harga. Oleh karena itu, pelaku usaha harus selalu memperjuangkan loyalitas konsumen.”

Konsumen Indonesia memanfaatkan berbagai alat digital untuk berhemat, seperti:

  • 63% menggunakan aplikasi supermarket untuk promo/diskon, dan 58% memakai situs atau aplikasi pembanding harga.

  • Media sosial merupakan saluran iklan utama untuk menjangkau konsumen, dimana 77% responden survei melihat iklan produk di media sosial.

  • 71% responden hanya membeli barang yang benar-benar dibutuhkan, dan 59% selalu membuat daftar belanja sebelum berbelanja.

Loyalitas Tipis, Sensitivitas Harga Tinggi

Saat harga naik, konsumen Indonesia paling banyak mengurangi pembelian:

  • Makanan instan (34%)

  • Camilan kemasan (33%)

  • Daging atau telur (22%)

Pola ini mencerminkan cara konsumen mengambil keputusan secara praktis, mengurangi belanja pada kategori non-esensial, lalu segera mengalihkan anggaran ke kebutuhan utama.

Faktor emosional juga mempengaruhi perilaku belanja. Sebanyak 45% konsumen Indonesia merasa bersalah ketika membeli camilan atau makanan ringan yang tidak direncanakan, sejalan dengan tren di Asia Pasifik.

Faktor Lain yang Jadi Pertimbangan

Harga tetap jadi pertimbangan utama nomor satu (59%), namun konsumen Indonesia juga mementingkan variasi produk (46%) dan kebersihan/tata letak toko (32%).

Minimarket menjadi pilihan utama (26%), diikuti toko kelontong (21%) dan pasar tradisional (18%). Selain itu, 65% responden Indonesia menganggap belanja kebutuhan sehari-hari sebagai aktivitas keluarga, membuka peluang untuk strategi promosi yang menyasar kebersamaan.

“Laporan ini menegaskan pentingnya memahami perilaku konsumen secara nyata. Strategi ritel, harga, dan pemasaran yang disesuaikan dengan kondisi lokal akan membuat pelaku usaha tetap relevan dan kompetitif,” tutup Edward.

Laporan ini berdasarkan riset yang dilakukan secara daring pada 25 Maret–6 April 2025 melalui YouGov Surveys: Serviced, melibatkan 2.018 responden dewasa (18+) di Indonesia, bagian dari total 7.252 responden di lima pasar Asia Pasifik. Laporan ini bisa diunduh di https://business.yougov.com/content/52718-the-rise-of-value-shoppers-apac-grocery-shopping-report.

Post Views: 7,211
Previous Post

Pintu Academy: Pentingnya Analisis Sentimen Pasar dalam Strategi Investasi

Next Post

Pintu Academy Mengulas Penggunaan Bitcoin untuk Perlindungan dari Inflasi

Next Post
Pintu Academy Mengulas Penggunaan Bitcoin untuk Perlindungan dari Inflasi

Pintu Academy Mengulas Penggunaan Bitcoin untuk Perlindungan dari Inflasi

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

Bank Raya Optimis Terus Kembangkan Produk Raya App yang Built to Last

Bank Raya Optimis Terus Kembangkan Produk Raya App yang Built to Last

15 Agustus 2025

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Publikasikan Hasil Survei Internet APJII 2025

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Publikasikan Hasil Survei Internet APJII 2025

15 Agustus 2025

Jogja Run’nShine 2025: Padukan Lari, Seni, Musik, dan Budaya Yogyakarta   

Jogja Run’nShine 2025: Padukan Lari, Seni, Musik, dan Budaya Yogyakarta  

15 Agustus 2025

Empat Faktor yang Membuat Cryptocurrency Menjadi Pilihan Investasi Menarik

Empat Faktor yang Membuat Cryptocurrency Menjadi Pilihan Investasi Menarik

15 Agustus 2025

Pintu Academy Mengulas Penggunaan Bitcoin untuk Perlindungan dari Inflasi

Pintu Academy Mengulas Penggunaan Bitcoin untuk Perlindungan dari Inflasi

15 Agustus 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt .6 Unit 3 Jl. TB Simatupang Kav. IS No. 01 Kel. Pondok Pinang, Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310.

Telp: 021-22702245
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine