Selasa, 1 Juli 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Business

BEI ‘Bunyikan Bel untuk Kesetaraan Gender’

9 Maret 2023
in Business
BEI ‘Bunyikan Bel untuk Kesetaraan Gender’
0
SHARES
1
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Bursa Efek Indonesia (BEI) dan sektor bisnis ‘Membunyikan Bel untuk Kesetaraan Gender’ atau ‘Ring the Bell for Gender Equality’ untuk merayakan Hari Perempuan Internasional.

Tahun ini, lebih dari 110 bursa saham di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, mendukung kampanye tahunan ‘Ring the Bell for Gender Equality’ untuk meningkatkan kesadaran tentang peran perusahaan dalam mendorong kesetaraan gender dan pembangunan berkelanjutan.

Untuk keempat kalinya, acara “Ring the Bell” memberikan refleksi tentang tema Hari Perempuan Internasional 2023 dari UN Women – “DigitALL: Innovation and Technology for Gender Equality”, untuk mengenali dan merayakan perempuan dan anak perempuan yang telah berkontribusi terhadap kemajuan teknologi transformatif dan pendidikan digital. Selain itu, acara ini juga dilaksanakan untuk mendorong aksi nyata dalam membuat dunia digital yang lebih aman, inklusif, dan setara.

Ring The Bell for Gender Equality diselenggarakan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI), International Finance Corporation (IFC), Indonesia Global Compact Network (IGCN), Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan (UN Women), dan Indonesia Business Coalition for Women’s Empowerment (IBCWE).

Risa E. Rustam, Direktur BEI menyatakan, “Melalui Ring the Bell for Gender Equality 2023 ini, BEI terus mendorong seluruh stakeholders untuk terus meningkatkan praktik kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dalam bisnis serta pasar modal Indonesia. Kami juga berharap agar perusahaan-perusahaan di industri pasar modal Indonesia dapat memberikan akses yang lebih luas kepada perempuan untuk terlibat dalam pengembangan teknologi secara optimal.”

Dwi Faiz, Head of Programmes, UN Women Indonesia menekankan pentingnya kemitraan dengan sektor swasta untuk mendorong dan mempercepat tercapainya kesetaran gender di tempat kerja, marketplace, dan komunitas, “Sektor bisnis memiliki peran penting untuk mendorong partisipasi dan pemberdayaan ekonomi perempuan, dengan memastikan budaya dan praktik bisnis yang sensitif gender. Kami sangat senang melihat semakin banyak perusahaan di Indonesia yang berkomitmen dan mengimplementasikan Prinsip-Prinsip Pemberdayaan Perempuan (WEPs), dan di saat yang bersamaan juga mendorong perusahaan lain untuk memajukan kesetaraan gender. Upaya bersama ini akan membantu mempercepat inklusi ekonomi bagi perempuan, yang pada akhirnya akan berdampak positif terhadap perkembangan dan pemulihan ekonomi negara.”

“Transisi menuju keberlanjutan dan digitalisasi berpotensi untuk menciptakan jutaan pekerjaan bagi perempuan, yang akan membantu mereka berada di posisi setara dengan laki-laki untuk mencapai pertumbuhan yang inklusif dan berkelanjutan,” kata Randall Riopelle, IFC Acting Country Manager untuk Indonesia dan Timor-Leste. “Kami juga melihat adanya langkah-langkah ekonomi yang kuat untuk menutup kesenjangan dalam inklusi digital, baik untuk perusahaan maupun ekonomi. Beberapa negara di dunia telah kehilangan GDP sebanyak USD 1 triliun yang diakibatkan oleh kurangnya partisipasi perempuan di ranah digital. Di tahun 2020 saja, kehilangan ini diperkirakan mencapai USD 126 miliar.”

Josephine Satyono, Direktur Eksekutif IGCN menambahkan: “Kita harus menyadari bahwa inovasi dan teknologi, terutama digitalisasi dapat dimanfaatkan secara strategis sebagai alat untuk mengurangi ketidaksetaraan gender. Contoh baik dari hal tersebut adalah Women Empowerment Principles Tool, panduan yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk menilai performa kesetaraan gender di dalam operasional perusahaan mereka, dan di saat yang sama menyediakan peta jalan yang menyeluruh bagi perusahaan untuk mengatasi tantangan yang dihadapi perempuan di tempat kerja, dan dalam mempromosikan kesetaraan gender di sepanjang rantai nilainya, dalam produk dan layanan yang ditawarkan, dalam pemasaran, dan pelibatan komunitas.”

Maya Juwita, Direktur Eksekutif dari Indonesia Business Coalition for Women’s Empowerment (IBCWE) menambahkan, studi dari Boston Consulting Group (BCG) menunjukkan bahwa perusahaan yang melaporkan tingkat keragaman di atas rata-rata, termasuk dalam gender, di tim manajemen mereka juga melaporkan pendapatan dari inovasi yang lebih tinggi sebanyak 19 persen dari perusahaan dengan tingkat keragaman di bawah rata-rata– 45 persen total pendapatan dibandingkan hanya 26 persen. “Sayangnya, penentuan target gender belum diimplementasikan secara luas di perusahaan Indonesia.

Selain itu, the Census on Women in Executive Leadership Team (ELT) mendefinisikan keseimbangan gender sebagai setidaknya 30% : 70% (untuk gender manapun), seperti yang diimplementasikan oleh Pemerintah Indonesia melalui kuota minimal 30 persen perempuan di parlemen. Sensus kami terhadap perusahaan IDX200 menunjukkan bahwa di tahun 2021, hanya 15 persen posisi kepemimpinan eksekutif dipegang oleh perempuan.”

Di acara Ring the Bell for Gender Equality, Prinsip-Prinsip Pemberdayaan Perempuan atau Women Empowerment Principles juga ikut dipromosikan. Hingga Februari 2023, 177 perusahaan telah menjadi penandatangan WEPs dan berkomitmen untuk mengimplementasikan Prinsip-Prinsip tersebut di dalam perusahaan, dan mendorong perusahaan lain untuk ikut beraksi dalam mencapai kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan di tempat kerja, marketplace dan komunitas.

Post Views: 203
Tags: BEI
Previous Post

Blibli Adopsi Teknologi Genesys Cloud CX

Next Post

Industri Furnitur dan Kerajinan Indonesia Didorong Tingkat Value dan Nilai Ekspor

Next Post
Industri Furnitur dan Kerajinan Indonesia Didorong Tingkat Value dan Nilai Ekspor

Industri Furnitur dan Kerajinan Indonesia Didorong Tingkat Value dan Nilai Ekspor

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

Bank Saqu Gelar Roadshow Solopreneur Academy 2025 di Bandung, Rangkul Komunitas Kreatif Lokal

Bank Saqu Gelar Roadshow Solopreneur Academy 2025 di Bandung, Rangkul Komunitas Kreatif Lokal

30 Juni 2025

Redmi Pad 2 Siap Hadir di Indonesia Mmulai 4 Juli 2025

Redmi Pad 2 Siap Hadir di Indonesia Mmulai 4 Juli 2025

30 Juni 2025

AFTECH & HukumOnline Sosialisasikan Sistem Pengecekan Kepatuhan Online dan Dorong Penguatan Implementasi Perlindungan Data Pribadi

AFTECH & HukumOnline Sosialisasikan Sistem Pengecekan Kepatuhan Online dan Dorong Penguatan Implementasi Perlindungan Data Pribadi

30 Juni 2025

Sampoerna University dan Thunderbird Soroti Masa Depan ASEAN dan Tantangan ESG

Sampoerna University dan Thunderbird Soroti Masa Depan ASEAN dan Tantangan ESG

30 Juni 2025

Semen Merah Putih dan Karyawan Perbaiki Fasilitas SLB, Peduli Pendidikan Inklusif

Semen Merah Putih dan Karyawan Perbaiki Fasilitas SLB, Peduli Pendidikan Inklusif

30 Juni 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt .6 Unit 3 Jl. TB Simatupang Kav. IS No. 01 Kel. Pondok Pinang, Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310.

Telp: 021-22702245
Handphone: 0816.900315
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine