Kemudahan, kenyamanan, dan keamanan berkirim uang yang ditawarkan dompet digital DANA terus mendapat kepercayaan masyarakat.
Kondisi ini tercermin pada survei YouGov BrandIndex di kuartal pertama tahun 2022 yang menyebutkan bahwa fitur Kirim Uang masih menjadi pilihan utama masyarakat saat menggunakan dompet digital DANA. Imbasnya, fitur Kirim Uang ikut mengalami pertumbuhan positif, dengan penetrasi mencapai hampir 30 persen di sepanjang periode tersebut.
Rangga Wiseno, Chief Product Officer DANA Indonesia menyebutkan, bahwa melonjaknya pertumbuhan fitur Kirim Uang tidak lepas dari meningkatnya adopsi dompet digital dalam dua tahun terakhir. “Kehadiran dompet digital kini telah bergeser menjadi solusi pemenuhan berbagai kebutuhan sehari-hari, termasuk berkirim uang. Kami percaya kebiasaan masyarakat untuk berkirim uang secara digital akan menjadi langkah awal yang baik agar masyarakat semakin tertarik dengan beragam layanan keuangan digital lainnya,” ujarnya.
Dari total lebih dari 3.600 responden dalam survei tersebut, fitur Kirim Uang DANA terpantau banyak digemari oleh 31 persen responden di usia muda khususnya 18 – 24 tahun dan dimanfaatkan untuk mengirimkan uang baik antar sesama pengguna maupun ke rekening bank lain. Temuan ini selaras dengan survei YouGov bahwa pengguna dompet digital saat ini umumnya didominasi oleh masyarakat di usia 18 – 34 tahun.
Merujuk pada hasil survei, keamanan yang dimiliki DANA kembali menjadi salah satu alasan utama yang ikut mendorong tingginya minat masyarakat dalam menggunakan fitur Kirim Uang. “Dalam membangun kepercayaan pengguna, DANA senantiasa mengedepankan keamanan bertransaksi digital pengguna dengan menggunakan sistem keamanan berlapis seperti DANA VIZ (Visual Identity AuthoriZation), memitigasi risiko dengan teknologi Risk Engine, hingga memberikan perlindungan melalui DANA Protection berupa jaminan uang kembali sesuai Syarat dan Ketentuan yang berlaku,” imbuh Rangga.
Persepsi pengguna untuk memanfaatkan dompet digital DANA untuk kebutuhan lainnya juga tampak meningkat. Misalnya saja, sebanyak 38 persen responden di usia 18 – 24 tahun mulai mempertimbangkan DANA untuk melakukan isi ulang pulsa. Menariknya, pertumbuhan signifikan juga terjadi pada pada preferensi penggunaan DANA untuk pembelian berbagai voucher games dan hiburan khususnya untuk masyarakat di usia 18 – 24 tahun.
Sekilas capaian DANA pada survei YouGov BrandIndex di kuartal pertama tahun 2022 ikut merefleksikan kesiapan masyarakat dalam menerima dan menjadikan dompet digital DANA sebagai instrumen baru pembayaran di ekosistem ekonomi digital. “Kepercayaan masyarakat akan terus kami jaga dan tingkatkan guna menciptakan layanan keuangan digital yang inklusif dan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi digital nasional,” demikian tutup Rangga.