Rabu, 19 November 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Business

Digitalisasi Pengelolaan Masjid, Bank Muamalat Hadirkan Hijrah Masjid

24 April 2025
in Business
Digitalisasi Pengelolaan Masjid, Bank Muamalat Hadirkan Hijrah Masjid
0
SHARES
0
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Jakarta, Business Asia – Indonesia dengan jumlah penduduk muslim terbanyak di dunia memiliki lebih dari 650 ribu masjid dan musala. Masjid kini tidak hanya digunakan sebagai tempat ibadah. Fungsinya telah diperluas mencakup seluruh aktivitas keumatan seperti sentra pendidikan, ekonomi, dakwah, pemberdayaan masyarakat dan lain-lain.

Sehingga dibutuhkan keahlian dan profesionalisme dalam pengelolaan masjid agar keberadaan masjid dapat memberikan manfaat secara maksimal kepada umat.

Merespon hal ini, PT Bank Muamalat Indonesia Tbk menghadirkan solusi pengelolaan masjid menggunakan aplikasi berbasis website, Hijrah Masjid, bagi para takmir masjid (Dewan Kemakmuran Masjid).

Direktur Bank Muamalat Karno mengatakan, setiap masjid yang menjadi nasabah Bank Muamalat ditawarkan untuk menggunakan Hijrah Masjid. Pengurus masjid akan diberikan akses dan dapat memasukkan data-data pada field back-end aplikasi yang akan terlihat pada tampilan front-end secara langsung.

Melalui aplikasi yang relatif mudah digunakan ini, pengelolaan masjid diharapkan menjadi lebih profesional, transparan, dan terdigitalisasi. “Aplikasi ini menyediakan sarana pencatatan keuangan dan aset sehingga administrasi masjid menjadi lebih tertib,” kata Karno.

Selain itu, karena bisa dihubungkan ke layar televisi, aplikasi Hijrah Masjid dapat menampilkan jadwal salat, kutipan hadis, pengumuman, informasi agenda masjid, serta kode QR masjid yang memudahkan jemaah berinfak. Data keuangan serta aset masjid juga bisa diperbarui secara berkala dan dimunculkan pada layar.

“Dengan transparansi seperti itu, insya Allah pengelolaan masjid mendapat kepercayaan lebih baik dari jemaah maupun masyarakat,” ujar Karno.

Masjid sebagai pusat pelayanan umat harus dibangun di atas tata kelola dan akuntabilitas yang baik. Pionir bank syariah di Tanah Air ini yakin hal tersebut akan lebih maksimal bila pengelolaan masjid terintegrasi dengan ekosistem perbankan dan terdigitalisasi.

Takmir masjid atau pengurus DKM yang ingin mengakses Hijrah Masjid dapat datang ke kantor cabang Bank Muamalat terdekat. Sebagai informasi, Hijrah Masjid dari bank pertama murni syariah di Indonesia ini diluncurkan pada Maret 2025 lalu. Sekitar satu bulan sejak diluncurkan, animo pengurus masjid yang menggunakan aplikasi tersebut tercatat menggembirakan.

 

Previous Post

Agung Podomoro Luncurkan “The Garden House by Agung Podomoro”, Hunian Hijau Berkelanjutan

Next Post

Rayakan HUT ke-2 BNI Chapter Magnify Menggelar Kegiatan Amal

Next Post
Rayakan HUT ke-2 BNI Chapter Magnify Menggelar Kegiatan Amal

Rayakan HUT ke-2 BNI Chapter Magnify Menggelar Kegiatan Amal

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

Penjurian IQSA Award 2025; Hutama Karya Infrastruktur (HKI) Perkuat Implementasi QHSSE Melalui Digitalisasi dan Inovasi Proyek Konstruksi

Penjurian IQSA Award 2025; Hutama Karya Infrastruktur (HKI) Perkuat Implementasi QHSSE Melalui Digitalisasi dan Inovasi Proyek Konstruksi

19 November 2025

Blu by BCA Digital Berikan Rencana Sports Trip Impian 2026

Blu by BCA Digital Berikan Rencana Sports Trip Impian 2026

19 November 2025

Ford Tingkatkan Standar Layanan, RMA Indonesia Gelar Ford National Skill Competition 2025

Ford Tingkatkan Standar Layanan, RMA Indonesia Gelar Ford National Skill Competition 2025

19 November 2025

Dana Murah Naik, Ini Strategi Bank Mega Syariah Jaga Loyalitas Nasabah

Bank Mega Syariah Optimistis Bukukan Kinerja Positif Hingga Akhir Tahun

19 November 2025

AFTECH dan PERBANAS Tegaskan Pentingnya Sinergi Bank-Fintech Perluas Akses Kredit Nasional

AFTECH dan PERBANAS Tegaskan Pentingnya Sinergi Bank-Fintech Perluas Akses Kredit Nasional

17 November 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt. 6 Unit 3. Jl. TB. Simatupang Kav. IS No. 01, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Telp: 021-22702245
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine