Selasa, 1 Juli 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Lifestyle

Festival Indonesia: Pesta Anak Bangsa Sukses Gaungkan Produk Lokal di Generasi Milenial

27 Juli 2023
in Lifestyle
Festival Indonesia: Pesta Anak Bangsa Sukses Gaungkan Produk Lokal di Generasi Milenial
0
SHARES
0
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Gelaran Festival Indonesia: Pesta Anak Bangsa yang diselenggarakan pada 8-9
Juli 2023 berhasil mengangkat imej dan kualitas produk lokal di mata generasi milenial. Menawarkan promo cashback hingga Rp50 ribu (S&K berlaku), setidaknya terjadi klaim terhadap transaksi senilai
Rp325 juta selama dua hari.

Angka ini tentu hanya sebagian dari transaksi yang terjadi selama Pesta Anak Bangsa digelar. Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), Bima Laga menyambut baik antusiasme pengunjung.

“Untuk gelaran Festival Indonesia yang pertama kali ini, catatan transaksi tersebut tentu sebuah capaian yang sangat kami apresiasi. Angka tersebut terbilang besar mengingat produk lokal, dengan kualiebih terjangkau dibanding brand asing,” ujartas sama bagusnya, memang harganya l Bima.

“Klaim cashback tersebut juga tidak bisa dijadikan gambaran total transaksi yang terjadi selama acara berlangsung.”Bima menjelaskan, tidak sedikit konsumen yang memilih melanjutkan belanjanya dan lupa melakukan klaim karena sangat antusias melihat banyak produk bagus. “Ada teman saya sampai borong untuk keluarga besarnya, dan tidak melakukan klaim. Saya yakin banyak pengunjung PAB yang sama seperti itu,” ujarnya menambahkan.

“Termasuk transaksi di area kuliner yang transaksinya kecil, kemungkinan tidak melakukan klaim cash back. Dari pengumpulan data kami, setidaknya transaksi yang terjadi mencapai Rp 1,2 miliar.”

Selain cashback, Pesta Anak Bangsa juga mensosialisasikan industri pengiriman dengan promo diskon biaya kirim dari J&T. Jika selama ini kebanyakan pelaku usaha yang terhubung dengan industri
pengiriman sebagai bagian dari rangkaian tren belanja online, dalam acara ini, konsumen bisa memanfaatkan jasa ini.

Untuk tetap bisa menikmati acara tanpa kerepotan, konsumen bisa mengirimkan belanjaannya langsung ke rumah.

Selaras dengan Bima, Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Odo Manuhutu juga menilai
gelaran Pesta Anak Bangsa yang merupakan program turunan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) sangat sukses.

“Perpaduan konsep edukasi digitalisasi, pengenalan dan belanja produk lokal, sajian budaya, hingga hiburan berupa pertunjukan musik secara gratis menjadi paket yang menarik dalam mendorong transaksi,” kata Odo.

“Bahkan pengenalan gim lokal hingga masakan nusantara yang merupakan warisan budaya juga ditampilkan. Sebuah edukasi dan sosialisasi digitalisasi yang sangat menarik. Semoga ini bisa menjadi
agenda rutin sehingga makin banyak konsumen yang bangga membeli dan memakai produk lokal.”

Dominasi Generasi Milenial

Pesta Anak Bangsa dikemas untuk ramah bagi pengunjung di semua usia. Ada area bermain untuk anak-anak yang terletak tak jauh dari pintu masuk area. Ada juga area pusat kuliner yang menyajikan berbagai jenis makanan Indonesia. Ada juga agenda berolahraga bersama pada Minggu (9/7) pagi.

Meski demikian, agenda yang ternyata sangat menarik bagi generasi milenial juga dikemas apik. Ada kompetisi gim lokal yang disponsori oleh brand ternama Axioo. Ada festival band di hari pertama, tepat setelah peresmian acara dilakukan. Ada juga sesi karaoke di panggung utama pada hari kedua.

Ada juga sesi live selling yang dilakukan bersama Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. Sesi hiburan berupa pertunjukkan musik dari artis nasional sebagai penutup hari menjadi daya tarik besar bagi generasi milenial. Meski sempat diguyur hujan lebat, penampilan grup Project Pop tetap dipenuhi penonton yang rela berdesakan. Pun malam penutupan acara. Cuaca cerah membuat
pengunjung semakin semangat. Bernyanyi dan bergoyang bersama Maliq & D’Essentials.

Tika Panggabean dan Udjo yang merupakan anggota Project Pop bahkan kembali ke PAB di hari kedua untuk berbelanja berbagai.

“Terima kasih Pesta Anak Bangsa, kami jadi tau ada banyak produk lokal yang bagus di sini. Kami sudah borong niiiiih..” begitu komentar keduanya.

Dari data yang dikumpulkan pihak penyelenggara, pengunjung acara Festival Indonesia: Pesta Anak Bangsa didominasi generasi milenial. Setidaknya 80% dari 14.484 pengunjung PAB merupakan
generasi milenial yang memang unsur utama dan potensial di era digital saat ini.

Terima kasih kepada J&T dan BCA yang telah mendukung penuh acara ini. Juga kepada Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan,
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Asosiasi Game Indonesia, Axioo, Celebrity Fitness, Codashop, Garuda Indonesia, Gojek, Grab, Recharge, Shopee,
dan Tokopedia. Kami ucapkan terima kasih juga kepada para official media partner, Suara.com, Vindes, Radio Republik Indonesia, Delta FM, serta media partner Bahana FM, Female Radio, Jak FM, dan Most Radio.

Anak Bangsa, sampai jumpa di pesta berikutnya!

Post Views: 1,611
Tags: IdEAPesta Anak Bangsa
Previous Post

Kebijakan Perubahan Iklim dan Transisi Energi

Next Post

IPA Luncurkan White Paper, Tingkatkan Kolaborasi dengan Pemerintah Demi Mengejar Produksi Migas

Next Post
IPA Luncurkan White Paper, Tingkatkan Kolaborasi dengan Pemerintah Demi Mengejar Produksi Migas

IPA Luncurkan White Paper, Tingkatkan Kolaborasi dengan Pemerintah Demi Mengejar Produksi Migas

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

Bank Saqu Gelar Roadshow Solopreneur Academy 2025 di Bandung, Rangkul Komunitas Kreatif Lokal

Bank Saqu Gelar Roadshow Solopreneur Academy 2025 di Bandung, Rangkul Komunitas Kreatif Lokal

30 Juni 2025

Redmi Pad 2 Siap Hadir di Indonesia Mmulai 4 Juli 2025

Redmi Pad 2 Siap Hadir di Indonesia Mmulai 4 Juli 2025

30 Juni 2025

AFTECH & HukumOnline Sosialisasikan Sistem Pengecekan Kepatuhan Online dan Dorong Penguatan Implementasi Perlindungan Data Pribadi

AFTECH & HukumOnline Sosialisasikan Sistem Pengecekan Kepatuhan Online dan Dorong Penguatan Implementasi Perlindungan Data Pribadi

30 Juni 2025

Sampoerna University dan Thunderbird Soroti Masa Depan ASEAN dan Tantangan ESG

Sampoerna University dan Thunderbird Soroti Masa Depan ASEAN dan Tantangan ESG

30 Juni 2025

Semen Merah Putih dan Karyawan Perbaiki Fasilitas SLB, Peduli Pendidikan Inklusif

Semen Merah Putih dan Karyawan Perbaiki Fasilitas SLB, Peduli Pendidikan Inklusif

30 Juni 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt .6 Unit 3 Jl. TB Simatupang Kav. IS No. 01 Kel. Pondok Pinang, Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310.

Telp: 021-22702245
Handphone: 0816.900315
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine