Rabu, 10 Desember 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Business

Indonesia Industry Outlook 2024: “YOLO, FOMO Biang Terkena Pinjol”

23 Oktober 2024
in Business
Indonesia Industry Outlook 2024: “YOLO, FOMO Biang Terkena Pinjol”
0
SHARES
0
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Jakarta, Business Asia – Layanan pinjaman online (pinjol) semakin populer di kalangan Gen Z di Indonesia, demikian temuan riset terbaru dari Inventure tahun 2024. Menurut survei tersebut, 34% dari Generasi Z telah memanfaatkan pinjol untuk berbagai kebutuhan, namun sebagian besar penggunaannya berhubungan dengan gaya hidup konsumtif.

Riset Inventure 2024 mengungkap bahwa 61% responden Gen Z menggunakan pinjol untuk membeli gadget, sementara 35% lainnya memanfaatkan pinjaman untuk belanja kebutuhan fashion seperti baju, sepatu, dan tas. Selain itu, 23% dari Gen Z memanfaatkan pinjol untuk kegiatan rekreasi seperti nongkrong dan liburan.

“Temuan ini mencerminkan kecenderungan unik di kalangan Gen Z yang lebih memprioritaskan gaya hidup masa kini tanpa memikirkan dampak finansial di masa depan,” ujar Gilang Brilian, Senior Business Analyst.

Wahyudi Darmawan, Direktur Utama BRI Finance, dalam Indonesia Industry Outlook 2024 menambahkan bahwa ketergantungan Gen Z pada pinjol didorong oleh tiga faktor utama. Pertama, rendahnya literasi keuangan di kalangan mereka. Kedua, adanya tekanan sosial yang tinggi atau Fear of Missing Out (FOMO). Ketiga, kemudahan akses terhadap pinjaman online yang jauh lebih sederhana dibandingkan produk keuangan lainnya.

“Berbeda dengan layanan seperti pay later atau kartu kredit yang diatur dengan regulasi ketat, pinjol masih memiliki celah dalam regulasi dan transparansi, yang membuatnya lebih mudah diakses oleh masyarakat, khususnya generasi muda,” jelas Wahyudi.

Alhasil, dari fenomena ini yaitu gaya hidup konsumtif dan karakteristik Gen Z yang identik dengan seeking new experience namun tidak disertai dengan literasi keuangan yang memadai dan kemudahan akses, Gen Z kerap terjebak dalam siklus utang yang sulit dihindari, mengakibatkan risiko jangka panjang pada stabilitas keuangan mereka.

Indonesia Industry Outlook (IIO) 2025 sendiri adalah riset rutin yang dilakukan oleh Inventure. Riset ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan tren yang akan dihadapi oleh industri di tahun mendatang. Lebih jauh, riset ini berkolaborasi dengan rekan-rekan dari berbagai macam industri untuk menampung aspirasi mereka. Pada IIO 2025, kami mengambil tema Indonesia Market Outlook 2025: Kelas Menengah Hancur, Masihkah Bisnis Mantul?

 

 

Tags: Indonesia Industry Outlook
Previous Post

Lalamove Tingkatkan Pemahaman Perlindungan Data Pribadi Pengemudi via Lalamove Driver Academy

Next Post

Lintasarta Memborong Tiga penghargaan In-House Counsel Summit & Awards 2024 

Next Post
Lintasarta  Memborong Tiga penghargaan  In-House Counsel Summit & Awards 2024 

Lintasarta Memborong Tiga penghargaan In-House Counsel Summit & Awards 2024 

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

Respons Cepat J&T Cargo: Salurkan Bantuan Logistik Lebih Rp 600 Juta ke Wilayah Bencana Sumatra

Respons Cepat J&T Cargo: Salurkan Bantuan Logistik Lebih Rp 600 Juta ke Wilayah Bencana Sumatra

10 Desember 2025

JNE Distribusikan Lebih 500 Ton Bantuan dari #TemanJNE Untuk Korban Bencana Sumatera

JNE Distribusikan Lebih 500 Ton Bantuan dari #TemanJNE Untuk Korban Bencana Sumatera

10 Desember 2025

Maybank Indonesia Perkuat Sinergi Lintas Batas dengan TSH Group

Maybank Indonesia Perkuat Sinergi Lintas Batas dengan TSH Group

10 Desember 2025

ASIK Fashion Connect, Kementerian Ekraf Angkat Fesyen Anak Bangsa ke Panggung Internasional

ASIK Fashion Connect, Kementerian Ekraf Angkat Fesyen Anak Bangsa ke Panggung Internasional

10 Desember 2025

Ekosistem POCO Siap Dobrak Batasan Mobile Experience

Ekosistem POCO Siap Dobrak Batasan Mobile Experience

10 Desember 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt. 6 Unit 3. Jl. TB. Simatupang Kav. IS No. 01, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Telp: 021-22702245
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine