Selasa, 1 Juli 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Business

Laporan Salesforce: Tim Sales di Indonesia Hanya Menghabiskan 31% Dari Waktu Kerja untuk Berinteraksi Pelanggan

23 Agustus 2024
in Business
Laporan Salesforce: Tim Sales di Indonesia Hanya Menghabiskan 31% Dari Waktu Kerja untuk Berinteraksi Pelanggan
0
SHARES
25
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Jakarta,  Business Asia – Salesforce (NYSE:CRM), pemimpin global dalam solusi CRM, hari ini merilis laporan terbaru State of Sales. Laporan ini mengungkapkan temuan-temuan menarik dari survei yang melibatkan 5.500 profesional penjualan atau yang biasa disebut sales, dari 27 negara, termasuk 200 orang di antaranya dari Indonesia.

Laporan ini mengungkapkan bagaimana tim sales menyeimbangkan penggunaan teknologi canggih sambil membangun hubungan yang tepercaya dengan pelanggan, seiring dengan upaya meraih pertumbuhan di tengah persaingan pasar yang makin ketat.

Berikut beberapa temuan menarik yang terungkap dari riset State of Sales:

Para tenaga penjual kesulitan memenuhi ekspektasi pelanggan. Perubahan ekspektasi pelanggan menjadi tantangan terbesar bagi tenaga penjual di seluruh dunia. Banyak dari mereka mengaku sulit mendapatkan waktu untuk dapat terhubung dengan pelanggan

o   Tim sales di Indonesia rata-rata hanya dapat menghabiskan 31% dari waktu kerja mereka dalam seminggu untuk dapat berinteraksi dengan pelanggan.

o   Sebanyak 55% profesional penjualan atau sales di Indonesia mengungkapkan bahwa tantangan akibat perubahan ekspektasi pelanggan tahun ini lebih besar dibandingkan tahun lalu. Hanya 15% yang merasa tantangan tahun ini lebih mudah dihadapi daripada tahun lalu.

Penerapan AI Meningkat Pesat. Namun Masih Ada Isu Kepercayaan dan Kesenjangan Data. Penggunaan AI untuk mendukung penjualan semakin meningkat seiring dengan upaya tim penjualan dalam meningkatkan produktivitas dan personalisasi. Namun, kekhawatiran tentang integrasi, keamanan, dan ketidakpercayaan pelanggan, menunjukkan bahwa potensi maksimal dari teknologi AI dalam mendukung kinerja sales masih belum sepenuhnya tercapai.

o   Sebanyak 81% tim sales di Indonesia sudah sepenuhnya menerapkan atau sedang bereksperimen dengan AI. Sementara itu, 16% lainnya mengaku masih dalam tahap mengevaluasi teknologi ini.

o   Para sales mengungkapkan bahwa manfaat utama AI adalah membantu mereka lebih memahami kebutuhan pelanggan

o   Data yang kurang akurat menghambat kinerja para profesional penjualan, karena hanya 39% dari profesional penjualan di Indonesia yang mempercayai keakuratan data mereka.

§  Para tenaga penjual profesional menyatakan bahwa proses penjualan utama yang terhambat akibat ketersediaan data yang tidak akurat, meliputi kemampuan membuat proyeksi penjualan yang akurat (47%), manajemen kinerja (45%), dan manajemen kompensasi (39%).

o   Kendala utama yang dihadapi tim sales di Indonesia saat mengimplementasikan AI adalah masalah keamanan data.

Retensi Karyawan Meningkat Secara Global. Seiring dengan pengetatan pasar tenaga kerja, sebagian besar karyawan penjualan tetap bertahan. Secara global, tim melaporkan rata-rata pergantian karyawan sebesar 18% selama 12 bulan terakhir – turun dari 25% pada tahun 2022. Namun, tren retensi karyawan berbeda-beda di setiap wilayah.

o   Perkiraan rata rata tingkat pergantian staf di Indonesia selama satu tahun terakhir adalah sebesar 20%.

o   Sebanyak 1% tenaga penjual di Indonesia saat ini sedang mempertimbangkan untuk berpindah pekerjaan.

Menanggapi temuan dari riset State of Sales, Iman Muhammad, Regional Vice President and Country Director, Salesforce Indonesia mengatakan, “Ekspektasi pelanggan yang terus berkembang membuat para tenaga penjual di Indonesia harus mencari lebih banyak waktu untuk lebih bisa memahami dan membangun hubungan yang mendalam dengan pelanggan. AI memiliki potensi untuk meningkatkan produktivitas tenaga penjual, memberi mereka lebih banyak waktu untuk memperdalam hubungan dengan pelanggan.”

Iman menambahkan, “Agar tim sales bisa berhasil menerapkan AI, perusahaan harus menangani inti dari efektivitas AI dengan menyatukan data yang bisa diakses di satu platform tepercaya dan membangun AI dalam alur kerja untuk memaksimalkan produktivitas.”

Post Views: 7,522
Tags: Salesforce:
Previous Post

Pembiayaan BSI Griya Tumbuh Positif, Tembus Rp54,34 Triliun

Next Post

Titipku Luncurkan Laporan Tahunan yang Berfokus Pada Dampak ke Masyarakat

Next Post
Titipku Luncurkan Laporan Tahunan yang Berfokus Pada Dampak ke Masyarakat

Titipku Luncurkan Laporan Tahunan yang Berfokus Pada Dampak ke Masyarakat

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

Bank Saqu Gelar Roadshow Solopreneur Academy 2025 di Bandung, Rangkul Komunitas Kreatif Lokal

Bank Saqu Gelar Roadshow Solopreneur Academy 2025 di Bandung, Rangkul Komunitas Kreatif Lokal

30 Juni 2025

Redmi Pad 2 Siap Hadir di Indonesia Mulai 4 Juli 2025

Redmi Pad 2 Siap Hadir di Indonesia Mulai 4 Juli 2025

1 Juli 2025

AFTECH & HukumOnline Sosialisasikan Sistem Pengecekan Kepatuhan Online dan Dorong Penguatan Implementasi Perlindungan Data Pribadi

AFTECH & HukumOnline Sosialisasikan Sistem Pengecekan Kepatuhan Online dan Dorong Penguatan Implementasi Perlindungan Data Pribadi

1 Juli 2025

Sampoerna University dan Thunderbird Soroti Masa Depan ASEAN dan Tantangan ESG

Sampoerna University dan Thunderbird Soroti Masa Depan ASEAN dan Tantangan ESG

30 Juni 2025

Semen Merah Putih dan Karyawan Perbaiki Fasilitas SLB, Peduli Pendidikan Inklusif

Semen Merah Putih dan Karyawan Perbaiki Fasilitas SLB, Peduli Pendidikan Inklusif

30 Juni 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt .6 Unit 3 Jl. TB Simatupang Kav. IS No. 01 Kel. Pondok Pinang, Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310.

Telp: 021-22702245
Handphone: 0816.900315
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine