Selasa, 1 Juli 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Business

Penjualan Pelaku Usaha Bisa Naik 7 Kali Lipat via Live Shopping ShopTokopedia

Sinergi Tokopedia dan ShopTokopedia terus mempermudah pelaku usaha lokal dalam meningkatkan penjualan melalui fitur live shopping, seperti yang dirasakan NPURE dan SAFF & Co.

20 Agustus 2024
in Business
Penjualan Pelaku Usaha Bisa Naik 7 Kali Lipat via Live Shopping ShopTokopedia

(kiri-kanan) Communications Senior Lead Tokopedia and ShopTokopedia, Rizky Juanita Azuz bersama Co-Founder SAFF & Co., Santi Tan dan Chief Marketing Officer NPURE, Joanne Victoria.

0
SHARES
29
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Jakarta, Business Asia – Live shopping terus menjadi fenomena yang kian melekat dengan gaya hidup masyarakat Indonesia.

Menurut sebuah riset, sebanyak 87% masyarakat Indonesia mengaku pernah menonton live shopping dan 77% di antaranya melakukan transaksi via fitur tersebut. Peluang ini terus dimanfaatkan oleh Tokopedia dan ShopTokopedia untuk membantu pelaku usaha lokal memaksimalkan bisnis online, salah satunya lewat pemanfaatan fitur live shopping.*

Kolaborasi antara Tokopedia dan ShopTokopedia terus menghasilkan dampak yang signifikan. Saat ini, ada lebih dari 21 juta penjual tergabung di platform Tokopedia dan ShopTokopedia, yang memungkinkan masyarakat untuk mengakses lebih banyak produk kebutuhan dengan kualitas dan harga yang transparan, sekaligus berbelanja online dengan cara yang lebih menarik.

Selain itu, data terbaru mencatat 60% konten promosi di TikTok dukung produk lokal di ShopTokopedia. Hal ini mendorong Tokopedia dan ShopTokopedia terus menggencarkan kampanye Beli Lokal dan Promo Guncang agar produk buatan brand lokal selalu mendapatkan panggung khusus.

“Fitur live shopping di ShopTokopedia, yang tersedia dalam aplikasi TikTok, memberikan strategi pemasaran interaktif yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha termasuk brand lokal dari berbagai kategori, mulai dari Kecantikan dan Perawatan Diri, Fashion, Makanan dan Minuman, hingga kategori lainnya, untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan berinteraksi langsung dengan calon pembeli,” ungkap Communications Senior Lead Tokopedia and ShopTokopedia, Rizky Juanita Azuz.

Live Shopping Masih Diandalkan, Para Penjual di ShopTokopedia Mengalami Kenaikan Rata-rata Penjualan 7 Kali Lipat

Hasil survei MetrixLab pada tahun 2024 menyatakan bahwa live shopping penjual di ShopTokopedia membawa dampak signifikan pada calon pembeli, yaitu pengguna 3,4 kali lipat lebih mungkin browsing TikTok untuk mengeksplor produk baru, pengguna 2,5 kali lipat lebih mungkin mempertimbangkan melakukan pembelian setelah menyaksikan live stream penjual, 2 dari 3 pengguna cenderung melakukan pembelian di hari yang sama setelah melakukan pembelian di ShopTokopedia, dan 64% pembeli akan meninggalkan ulasan setelah melakukan pembelian di ShopTokopedia.

Pengalaman live shopping dapat mempermudah penjual dalam meningkatkan kunjungan bahkan penjualan, sebab masyarakat bisa memperoleh informasi lebih mendalam tentang produk yang dibutuhkan, lengkap dengan berbagai promosi yang menarik. Kemudahan ini juga tercermin dari berbagai dampak positif yang dicatat Tokopedia dan ShopTokopedia selama semester I 2024 dibandingkan semester I 2023.

“Pelaku usaha yang melakukan live shopping di ShopTokopedia rata-rata mengalami kenaikan penjualan hampir 7 kali lipat jika dibandingkan dengan penjual lainnya yang tidak melakukan live shopping. Beberapa kategori yang paling laris di live shopping di ShopTokopedia selama semester I 2024, antara lain, kategori Skincare atau Perawatan Kulit, Hijab dan Dessert atau Makanan Manis,” ungkap Rizky.

“ShopTokopedia juga mencatat bahwa di DKI Jakarta, jumlah pelaku usaha yang melakukan live shopping melonjak hampir 2 kali lipat selama semester I 2024 dibandingkan semester I 2023. ShopTokopedia juga melihat beberapa daerah lainnya, seperti Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah hingga Jawa Timur, mengalami kenaikan jumlah penjual yang melakukan live shopping hingga 1,5 kali lipat,” kata Rizky. Salah satu contoh brand lokal yang merasakan manfaat dari adanya Tokopedia dan ShopTokopedia adalah NPURE dan SAFF & Co.

Kesuksesan Brand Lokal NPURE dan SAFF & Co. Memanfaatkan Peluang Live Shopping hingga Mendongkrak Penjualan Berkali Lipat

NPURE didirikan pada tahun 2017 oleh Willy Handoko setelah melihat banyaknya produk skincare dari luar negeri namun sulit untuk didapatkan. Tantangan ini justru membuka kesempatan bagi NPURE untuk berinovasi dengan mengeluarkan rangkaian produk yang menggunakan bahan baku alami yang berasal dari petani lokal. Misalnya, NPURE Centella Asiatica Series menggunakan daun pegagan, NPURE Marigold Series menggunakan bunga gemitir dan NPURE Noni Probiotics Series menggunakan kandungan mengkudu.

“Sebagai salah satu brand skincare lokal terbaik, NPURE berkomitmen mewujudkan generasi kulit sehat pada masyarakat Indonesia. Seluruh produk NPURE diformulasikan hanya dengan bahan-bahan alami dan organik yang terbaik dalam rangka upaya untuk menyediakan produk perawatan kulit berkualitas yang sesuai dengan kulit orang Indonesia. Melalui NPURE, kami berharap semakin banyak masyarakat juga semakin sadar akan gaya hidup yang lebih sehat,” ujar Chief Marketing Officer NPURE, Joanne Victoria.

Menurut Joanne, pemanfaatan platform online seperti Tokopedia dan ShopTokopedia, yang bisa diakses di aplikasi TikTok, sangat penting agar eksistensi NPURE bisa selalu terjaga. “NPURE rutin mengikuti berbagai kampanye yang ditawarkan Tokopedia dan ShopTokopedia, salah satunya Promo Guncang dan Beli Lokal. Selain itu, fitur live shopping di ShopTokopedia juga sangat membantu mendongkrak penjualan NPURE hingga 4 kali lipat,” ungkap Joanne.

NPURE juga membagi beberapa tips bagi UMKM lokal yang ingin memulai memanfaatkan fitur live shopping di ShopTokopedia, “Jangan takut untuk #MulaiAjaDulu. Siapkan peralatan sederhana yang menunjang kegiatan live shopping, misalnya tripod atau ring light. Perhatikan juga display produk dan upayakan mengatur display semenarik mungkin, dengan memperhatikan sudut kamera dan pencahayaan,” tutur Joanne. 

SAFF & Co., contoh pelaku usaha parfum lokal di Tokopedia dan ShopTokopedia, juga melihat keberadaan fitur live shopping di ShopTokopedia sangat berkontribusi pada penjualan SAFF & Co. Ketika industri lokal parfum masih berkembang di tahun 2020, SAFF & Co. mengambil peluang tersebut dan menciptakan produk parfum berkualitas dengan harga terjangkau. “Dalam menghasilkan produk SAFF & Co., kami bekerja sama dengan berbagai perkebunan lokal untuk bahan-bahan produk, seperti akar wangi dari Garut dan patchouli dari Sulawesi,” jelas Co-Founder SAFF & Co., Santi Tan.

“Sejak awal berdiri, SAFF & Co. sudah bergabung dengan Tokopedia karena audiens yang disasar cocok dengan SAFF & Co. Berkat Tokopedia dan ShopTokopedia dalam aplikasi TikTok, SAFF & Co. mendapatkan banyak manfaat, mulai dari peningkatan exposure dan penjualan hingga memperluas pasar hingga ke luar Pulau Jawa,” kata Santi.

SAFF & Co. juga rutin mengikuti kampanye yang dihadirkan Tokopedia dan ShopTokopedia, termasuk Promo Guncang dan Beli Lokal, yang terbukti meningkatkan penjualan dibandingkan hari-hari biasa. “Dengan memanfaatkan fitur live shopping di ShopTokopedia, sales SAFF & Co. bisa melonjak hingga 3 kali lipat,” tambah Santi.

Santi pun mengungkapkan tips bagi UMKM pemula yang sedang mempertimbangkan live shopping. “Mengingat live shopping semakin digandrungi masyarakat, maka UMKM lokal perlu membuat konsep live shopping yang unik dan menarik sehingga mudah diingat. Misalnya, UMKM makanan bisa adakan live shopping sambil masak di kuali, atau UMKM yang berjualan sambal bisa adakan gimmick live shopping sambil mengulek cabai,” tutup Santi.

Post Views: 7,236
Tags: Tokopedia
Previous Post

SCTV Rayakan HUT

Next Post

Sidang Lanjutan H. Mawardi Gugat PT Mahakam Property Indonesia di PN Cibinong

Next Post
Sidang Lanjutan H. Mawardi Gugat PT Mahakam Property Indonesia di PN Cibinong

Sidang Lanjutan H. Mawardi Gugat PT Mahakam Property Indonesia di PN Cibinong

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

Bank Saqu Gelar Roadshow Solopreneur Academy 2025 di Bandung, Rangkul Komunitas Kreatif Lokal

Bank Saqu Gelar Roadshow Solopreneur Academy 2025 di Bandung, Rangkul Komunitas Kreatif Lokal

30 Juni 2025

Redmi Pad 2 Siap Hadir di Indonesia Mmulai 4 Juli 2025

Redmi Pad 2 Siap Hadir di Indonesia Mmulai 4 Juli 2025

30 Juni 2025

AFTECH & HukumOnline Sosialisasikan Sistem Pengecekan Kepatuhan Online dan Dorong Penguatan Implementasi Perlindungan Data Pribadi

AFTECH & HukumOnline Sosialisasikan Sistem Pengecekan Kepatuhan Online dan Dorong Penguatan Implementasi Perlindungan Data Pribadi

30 Juni 2025

Sampoerna University dan Thunderbird Soroti Masa Depan ASEAN dan Tantangan ESG

Sampoerna University dan Thunderbird Soroti Masa Depan ASEAN dan Tantangan ESG

30 Juni 2025

Semen Merah Putih dan Karyawan Perbaiki Fasilitas SLB, Peduli Pendidikan Inklusif

Semen Merah Putih dan Karyawan Perbaiki Fasilitas SLB, Peduli Pendidikan Inklusif

30 Juni 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt .6 Unit 3 Jl. TB Simatupang Kav. IS No. 01 Kel. Pondok Pinang, Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310.

Telp: 021-22702245
Handphone: 0816.900315
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine