Selasa, 1 Juli 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Business

Sistem Market Compliance Improvement Titipku, Tekan Jumlah Komplain

28 Februari 2023
in Business
Sistem Market Compliance Improvement Titipku, Tekan Jumlah Komplain
0
SHARES
0
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Kesegaran produk menjadi poin utama yang dinilai para pelanggan ketika titip belanja menggunakan aplikasi belanja daring. Pasalnya, tidak sedikit pelanggan yang sebenarnya ragu menitipkan urusan belanja ke pihak lain karena takut produk yang dibeli tidak sesuai standar kesegaran. Jika produk yang datang tidak segar, pastilah pelanggan akan komplain ke penyedia jasa. Untuk menekan jumlah complaint ini, Titipku menyusun sistem Market Compliance Improvement atau yang disingkat sebagai sistem MCI Titipku.

Personal Shopper Manager Titipku, Christopher Kostka, mengatakan bahwa target dari sistem MCI Titipku adalah untuk mengurangi jumlah keluhan atau komplain pelanggan soal kualitas produk.

“Complaint soal kualitas produk memang harus direspons untuk menunjukkan pelayanan exellent dari Titipku. Itulah sebabnya kami membuat sistem MCI Titipku ini. Targetnya dari sistem ini adalah menekan jumlah complaint hingga benar-benar tidak ada,” ungkap pria yang akrab disapa Christ ini.

Operasionalisasi Sistem MCI Titipku

Secara sederhana, sistem MCI ini merupakan sistem pengecekan produk dua kali. Setelah Jatiper membeli barang yang dipesan konsumen, Jatiper akan mengecek kualitas produk langsung di tempat pembeliannya. Selanjutnya, Jatiper akan berkumpul pada satu titik untuk kemudian mengecek kembali kualitas produk yang dibeli.

Jatiper juga akan saling menilai pembelian Jatiper lain agar kesegarannya dinilai secara objektif. Jika kesegaran dan kualitas produk selesai di re-check dan tidak ada masalah, produk bisa segera diantar ke rumah pelanggan.

“Namun, Jika ada produk yang tidak memenuhi standar setelah dicek ulang, Jatiper akan kembali ke pedagang dan meminta penggantian produk,” ungkap Christ.

Saat ditanya apakah sistem ini membuat waktu pengantaran pesanan lebih lama, Christ mengatakan bahwa tidak terlalu berpengaruh.

“Para pedagang pasar sudah menggunakan aplikasi Titipku Lapak, sehingga mereka bisa menyiapkan pesanan yang masuk terlebih dahulu sebelum Jatiper datang. Ketika Jatiper datang, mereka hanya mengecek kualitas dan ketepatan gramasi saja. Jadi Jatiper tidak perlu memilih satu per satu produk yang dibeli lagi sehingga bisa lebih hemat waktu,” sebut Christ.

Hasil Sistem MCI Titipku

Sistem MCI Titipku ini terbukti berhasil mengurangi jumlah keluhan terkait kualitas produk yang diantar Jatiper ke pelanggan.

Tim Operasional Titipku sejauh ini sudah menerapkan sistem MCI di 11 pasar, dan menurut Christ hasilnya cukup baik.

“Selama Januari 2023, pencapaian performance tertinggi ada pada angka 92,86%. Artinya, Titipku berhasil mengurangi jumlah complaint sebanyak 92% lebih hanya dalam waktu 3 minggu setelah penerapan sistem MCI Titipku,” ungkap Christ.

Penerapan Sistem MCI Titipku yang mendapat performance terbaik ini ada di Pasar Modern Paramount. Selain Pasar Modern Paramount, penerapan sistem MCI terbaik kedua ada di Pasar Modern BSD dengan 81,82% dan peringkat terbaik ketiga ada di Pasar Mandiri Kelapa Gading dengan tingkat performance 70%.

“Sistem MCI ini merupakan bukti keseriusan Titipku dalam memberikan produk terbaik bagi para pelanggan. Oleh karenanya, bagi para Moms di Jabodetabek, mari berbelanja di Titipku. Selain produknya lengkap, kesegarannya juga terjamin. Aplikasinya juga sudah tersedia di lintas platform, baik  android ataupun iPhone. Kami siap memberikan pelayanan dan produk terbaik untuk Anda sekalian,” pungkas Christ.

Post Views: 227
Tags: Titipku
Previous Post

Terbesar di Asia Tenggara, Potensi Ekonomi Digital Indonesia Capai USD 146 Miliar 2025

Next Post

AAJI Gelar Legal & Compliance Forum Persiapan UU P2SK

Next Post
AAJI Gelar Legal & Compliance Forum Persiapan UU P2SK

AAJI Gelar Legal & Compliance Forum Persiapan UU P2SK

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

Bank Saqu Gelar Roadshow Solopreneur Academy 2025 di Bandung, Rangkul Komunitas Kreatif Lokal

Bank Saqu Gelar Roadshow Solopreneur Academy 2025 di Bandung, Rangkul Komunitas Kreatif Lokal

30 Juni 2025

Redmi Pad 2 Siap Hadir di Indonesia Mulai 4 Juli 2025

Redmi Pad 2 Siap Hadir di Indonesia Mulai 4 Juli 2025

1 Juli 2025

AFTECH & HukumOnline Sosialisasikan Sistem Pengecekan Kepatuhan Online dan Dorong Penguatan Implementasi Perlindungan Data Pribadi

AFTECH & HukumOnline Sosialisasikan Sistem Pengecekan Kepatuhan Online dan Dorong Penguatan Implementasi Perlindungan Data Pribadi

1 Juli 2025

Sampoerna University dan Thunderbird Soroti Masa Depan ASEAN dan Tantangan ESG

Sampoerna University dan Thunderbird Soroti Masa Depan ASEAN dan Tantangan ESG

30 Juni 2025

Semen Merah Putih dan Karyawan Perbaiki Fasilitas SLB, Peduli Pendidikan Inklusif

Semen Merah Putih dan Karyawan Perbaiki Fasilitas SLB, Peduli Pendidikan Inklusif

30 Juni 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt .6 Unit 3 Jl. TB Simatupang Kav. IS No. 01 Kel. Pondok Pinang, Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310.

Telp: 021-22702245
Handphone: 0816.900315
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine