Tokopedia berkomitmen #SelaluAdaSelaluBisa mengedepankan kolaborasi dengan para mitra strategis demi memberikan panggung seluas-luasnya serta mempermudah para pegiat usaha lokal, khususnya UMKM, dalam menciptakan peluang melalui pemanfaatan teknologi.
Berkaitan dengan komitmen tersebut, Tokopedia pada Selasa (7/12) i mengadakan Virtual Media Workshop “Kiat Jitu Memulai Bisnis Online” bersama Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Regional) Tokopedia, Rizky Juanita Azuz serta narasumber Seller Expert, Jonathan Kho (Om Botak) Pemilik Usaha Mona Fish (Semarang), Hartono Samidjan dan Marketplace & Reseller Specialist Matchamu (Kab. Bantul), Monica Bayuasthi.
Dalam acara ini terungkap, bersama Tokopedia, masyarakat bisa buka toko dengan mudah, kapan pun dan dimana pun hanya lewat genggaman tangan. Kemudahan ini menjadi salah satu pendorong semakin banyaknya masyarakat yang memulai bisnis online.
Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Regional) Tokopedia, Rizky Juanita Azuz mengatakan, “Bersama Tokopedia, masyarakat bisa buka toko dengan mudah, kapan pun dan dimana pun hanya lewat genggaman tangan. Kemudahan ini menjadi salah satu pendorong semakin banyaknya masyarakat yang memulai bisnis online.”
Rizky pun menambahkan, “Saat ini ada lebih dari 12 juta penjual di Tokopedia yang hampir 100%nya UMKM. Per November 2022, Tokopedia mencatat Medan, Semarang, Bandung, Jabodetabek, Surabaya sebagai beberapa wilayah dengan jumlah penjual tertinggi di Tokopedia.”
Tokopedia bersama Seller Expert, Jonathan Kho membagikan pondasi utama bagi pelaku bisnis untuk memulai berjualan online di marketplace seperti Tokopedia.
Pertama, Lakukan Riset Produk. Beberapa riset produk yang bisa dilakukan penjual di antaranya adalah mempelajari target market, cek tren produk di pasar, membandingkan harga pasar, serta melihat peluang bisnisnya agar bisa sukses.
“Jual produk yang banyak dibutuhkan masyarakat, namun belum banyak ditemukan di platform online. Ini bisa menjadi peluang bisnis yang baik untuk dimanfaatkan,” terang Jonathan Kho.
Kedua, Buat Judul dan Deskripsi Produk yang Jelas. Penggunaan huruf besar dan kecil dalam judul perlu diperhatikan. Hindari penggunaan karakter atau simbol yang membuat sulit dibaca atau dicari pada kolom pencarian.
“Di Tokopedia saat ini sudah ada fitur varian, sehingga tidak perlu lagi menggunakan kata varian di judul,” jelas Jonathan. Ia pun menambahkan, “Fitur Wawasan Pasar di Tokopedia juga bisa dimanfaatkan untuk melihat kata kunci yang paling sering digunakan pembeli, rekomendasi kategori hingga inspirasi tren produk.”
Ketiga, Tampilkan Foto dan Dekorasi Toko yang Menarik. Foto yang ditampilkan harus memperhatikan pencahayaan yang baik serta menggunakan latar belakang putih atau polos. Sedangkan untuk dekorasi toko, penjual harus membuat semenarik mungkin.
“Hal ini dilakukan untuk menjadi pembeda dari toko lain serta mempermudah pembeli melihat promo dan produk unggulan,” tambah Jonathan.
Keempat, Tetapkan Harga yang Pantas. “Agar penghasilan sesuai dengan target profit, penjual dapat menerapkan rumus “Harga jual = Modal : (1-% Target profit),” terang Jonathan.
Dan kelima, Tentukan Strategi Promosi yang Tepat. Penjual dapat memanfaatkan fitur Promosi Toko untuk menentukan fitur promosi yang ingin digunakan di Tokopedia. Di antaranya TopAds, Broadcast Chat, Flash Sale, Cashback hingga Bebas ongkir.
Pemilik usaha Mona Fish, Hartono Samidjan juga turut membagikan pengalamannya. “Fitur TopAds menjadi salah satu andalan dalam mempromosikan ikan-ikan hias saya. Biasanya saya melakukan strategi penggunaan TopAds di akhir pekan dan akhir bulan. Terbukti, fitur ini mendorong jumlah pesanan yang terus meningkat.”
Sejak bergabung di Tokopedia, Hartono menjelaskan, pihaknya dapat meningkatkan jumlah penjualan hingga 2x lipat.
Sementara Marketplace & Reseller Specialist Matchamu, Monica Bayuasthi mengungkapkan, “Sejauh ini, Flash Sale dan Kejar Diskon merupakan fitur yang paling ampuh mendorong penjualan Matchamu. Terbukti sekitar 45% omzet penjualan kami berasal dari penjualan di Tokopedia.”
Sejak ditangani Monica dan timnya, selama periode 2021-2022, penjualan Matchamu di online berhasil meningkat dengan menggunakan strategi aktivasi dan optimalisasi semua fitur yang ada di Tokopedia seperti TopAds dan Promo, sehingga omzet naik setiap bulannya.
Tokopedia sendiri adalah perusahaan teknologi Indonesia, memiliki misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Visi Tokopedia adalah membangun sebuah Super Ecosystem dimana siapa pun bisa memulai dan menemukan apa pun. Saat ini, Tokopedia memberdayakan jutaan penjual dan pengguna melalui marketplace dan produk digital, fintech dan pembayaran, logistik dan fulfillment, serta Mitra Tokopedia. Tokopedia adalah bagian dari grup GoTo, ekosistem digital terbesar di Indonesia yang mencakup Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial.